Lewis Hamilton Menang GP Singapura (20/9/2014)

Senin, 22 September 2014

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton sukses memenangi balapan Gran Prix Singapura, sementara rekan setimnya, Nico Rosberg, gagal finis. Duo Red Bull Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo finis di posisi dua-tiga.

Balapan di sirkuit jalanan Marina Bay, Sabtu (20/9/2014) malam WIB diawali dengan problem Rosberg. Pemuncak klasemen yang seharusnya start dari urutan dua itu terpaksa harus memulai balapan dari pit karena masalah elektronik dan gagal menjalani putaran pemanasan.

Hamilton langsung melesat selepas lampu hijau menyala. Alonso menyusul di urutan kedua, diikuti Vettel, Ricciardo, dan Raikkonen.

Pada prosesnya, empat pebalap yang disebut pertama-lah yang menguasai empat posisi terdepan. Sementara itu, Rosberg menyudahi balapan di putaran ke-15 karena tak kunjung lepas dari problem.

Meski beberapa kali terjadi pergantian pemimpin balapan, Hamilton tampak nyaman memimpin balapan hingga akhirnya juara. Vettel dan Ricciardo melengkapi podium dua dan tiga. Urutan empat lima ditempati Alonso dan Massa.

Dengan kemenangan ini, Hamilton pun mengambil alih puncak klasemen dari Rosberg. Pebalap Inggris itu mengumpulkan nilai 241, sementara Rosberg punya 238 angka. Posisi tiga masih ditempati Ricciardo dengan 181 poin.

Hamilton langsung melesat saat start, sementara Rosberg harus memulai balapan lewat pit. Vettel dan Ricciardo sempat saling bersebelahan, namun justru Alonso memanfaatkannya untuk menempati posisi dua meski sejatinya melakukan kesalahan saat memasuki tikungan pertama. Vettel dan Ricciardo di belakangnya.

Tak selang lama, Vettel berhasil melewati Alonso dan naik ke urutan dua. Ricciardo dan Raikkonen di posisi empat dan lima. Sementara itu, Rosberg masih tertahan berada di posisi 21 alias buncit.

Memasuki putaran ke-10, tak ada perubahan posisi di lima pebalap terdepan. Hamilton yang memimpin terus memperlebar jarak menjadi hingga lebih dari tiga detik atas Vettel. Rosberg masih berada di posisi 20.

Di lap 12, Raikkonen masuk ke pit dan posisinya digantikan oleh Button. Di belakang mereka ada Magnussen, Bottas, Massa, dan Vergne. Satu putaran kemudian, giliran Vettel, Alonso, dan Ricciardo yang masuk ke pit. Hamilton menyusul di lap ke-14.

Masuknya sejumlah pebalap ke pit membuat posisi lima terdepan sedikit berubah. Hamilton tetap memimpin, diikuti Button, Vettel, Alonso, dan Magnussen. Ricciardo ada di urutan enam sedangkan Raikkonen di posisi sembilan.

Button pada prosesnya masuk ke pit, memberikan jalan kepada Vettel dan Alonso untuk memperbaiki posisi. Ricciardo, Massa, dan Raikkonen menyusul di belakangnya. Sementara itu, Rosberg menyudahi balapan di putaran 15.

Memasuki putaran ke-20, Hamilton makin nyaman memimpin balapan dan unggul 7,5 detik dari Vettel.

Alonso sempat berhasil mendekati Vettel hingga hanya berjarak kurang dari dua detik. Namun di lap ke-25 dia memutuskan masuk ke pit dan mengganti ban untuk kedua kalinya. Di putaran berikutnya, gantian Vettel yang melakukan hal serupa.

Ricciardo sempat memimpin setelah Hamilton mengganti ban di putaran ke-27. Hamilton kembali ke balapan di belakangnya, diikuti Alonso, Vettel, dan Button. Meski demikian, komposisi ini tak bertahan lama karena Ricciardo masuk ke pit dan turun ke posisi empat.

Di putaran ke-32, safety car masuk ke trek setelah terjadi insiden kecil antara Sergio Perez dan Adrian Sutil. Perez kehilangan sayap depan setelah menyenggol bagian belakang Grosjean, meninggalkan serpihan di trek. Masuknya safety car dimanfaatkan sejumlah pebalap untuk masuk ke pit, antara lain Alonso, Button, dan Raikkonen.

Balapan dimulai kembali pada putaran 38. Komposisi 10 pebalap terdepan: Hamilton, Vettel, Ricciardo, Alonso, Massa, Bottas, Button, Raikkonen, Vergne, Magnussen. Hamilton langsung menciptakan jarak dengan Vettel dengan selisih 3 detik. Jarak ini bahkan kian melebar menjadi 9 detik di putaran ke-41.

Di 10 putaran terakhir, komposisi lima pebalap terdepan tak berubah. Selisih antara Hamilton yang memimpin balapan bahkan kian melebar dengan 25 detik atas Vettel.

Di akhir lap ke-52, Hamilton memutuskan masuk ke pit dan mengganti ban. Dia kembali ke balapan di posisi dua, selisih hanya setengah detik di belakang Vettel.

Hamilton kembali memimpin setelah menyalip Vettel di trek lurus pada putaran ke-54 dan langsung membuka jarak menjadi tiga detik. Sementara itu, Button gagal menyelesaikan balapan karena masalah pada mobilnya.

Hamilton pada prosesnya sukses mempertahankan posisi dan finis terdepan. Di belakangnya menyusul Vettel, Ricciardo, Alonso, dan Massa.

Hasil Balapan GP Singapura

Posisi-Pebalap-Tim-Catatan Waktu

1. Lewis Hamilton Mercedes 1:54.140
2. Sebastian Vettel Red Bull 1:55.569
3. Daniel Ricciardo Red Bull 1:55.448
4. Fernando Alonso Ferrari 1:56.016
5. Felipe Massa Williams 1:57.987
6. Jean-Eric Vergne Toro Rosso 1:59.330
7. Sergio Perez Force India 1:57.022
8. Kimi Raikkonen Ferrari 1:59.192
9. Nico Hulkenberg Force India 1:58.814
10. Kevin Magnussen McLaren 1:58.076
11. Valtteri Bottas Williams 2:04.055
12. Pastor Maldonado Lotus 1:58.570
13. Romain Grosjean Lotus 1:58.822
14. Daniil Kvyat Toro Rosso 1:59.752
15. Marcus Ericsson Caterham 1:58.224
16. Jules Bianchi Marussia 1:57.511
17. Max Chilton Marussia 1:58.617

Tidak Finis

Nico Rosberg Mercedes
Jenson Button McLaren
Adrian Sutil Sauber
Esteban Gutierrez Sauber
Kamui Kobayashi Caterham

Berita Terkait: