Barcelona 3-0 Elche (25/8/2014)

Senin, 25 Agustus 2014

Barcelona sukses mengawali kiprah di Liga Spanyol musim 2014-2015 dengan kemenangan. Blaugrana melumat Elche 3-0 di mana Lionel Messi mencetak dua gol dan juga diwarnai kartu merah Javier Mascherano ini.

Dalam laga di Camp Nou, Senin (25/8/2014) dinihari WIB, Barca memulai laga dengan dua pemain muda, Munir El Haddadi dan Rafinha yang mengapit Lionel Messi. Sementara tiga pemain baru juga diturunkan: Claudio Bravo, Jeremy Mathieu, dan Ivan Rakitic.

Meski amat dominan, Barca harus menunggu hingga menit ke-42 untuk mencetak gol pertama lewat kaki Messi. Namun sial bagi mereka, dua menit kemudian Mascherano dikartumerah dan harus menyelesaikan laga dengan 10 pemain.

Meski demikian, anak asuh Luis Enrique tetap mampu mengendalikan permainan. Bahkan mencatatkan start bagus di babak kedua lewat gol pemain muda debutan Munir El Haddadi di menit ke-46. Messi kemudian menutup kemenangan Barca lewat gol keduanya di menit ke-63.

Dengan kemenangan ini, Barca untuk sementara memimpin klasemen liga dengan nilai tiga dan keunggulan selisih gol. Di belakang mereka ada Celta Vigo, Granada, Eibar, dan Malaga dengan poin yang sama.

Barca langsung mengendalikan permainan sejak menit pertama, memaksa Elche bertahan rapat di depan kotak penalti. Meski demikian, justru Elche yang lebih dahulu mencatatkan peluang.

Laga memasuki menit keempat ketika Garry Rodrigues melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Namun belum mengancam gawang Barca karena masih melenceng ke kiri.

Barca perlahan-lahan mulai menciptakan situasi bahaya di area pertahanan, namun masih belum mencetak peluang bersih. Di menit ke-15, upaya Rakitic dari luar kotak penalti hanya melenceng ke kanan.

Di menit ke-22, Munir nyaris membawa Barca unggul. Menerima umpan dari Andres Iniesta di dalam kotak penalti dalam posisi membelakangi gawang, Munir lantas melakukan gerak memutar dan melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri. Mentah oleh mistar gawang.

Sepuluh menit berselang, mistar kembali menjadi penghalang Barca. Kali ini sepakan keras Iniesta dari luar kotak penalti yang dimentahkan.

Beberapa saat kemudian, peluang lain dicatatkan tim tuan rumah. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan, Rakitic mengirimkan umpan lambung ke Dani Alves yang melaju bebas memasuki kotak penalti. Bola disambut dengan tendangan voli first time, namun hanya melenceng ke kanan.

Di menit ke-36, Rakitic kembali mengkreasi peluang berbahaya. Umpan terobosannya diterima Messi di dalam kotak penalti dan meneruskannya dengan tendangan chip. Kiper Przemyslaw Tyton susah payah menepisnya. Belakangan diketahui Messi dalam posisi offside.

Barca pada akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-43. Busquets menyodorkan bola kepada Messi yang berdiri tak jauh dari kotak penalti. Penyerang internasional Argentina itu kemudian melewati Sergio Pelegrin, merangsek ke dalam kotak penalti, sebelum akhirnya melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang.

Usai mencetak gol, nasib sial menimpa Barca. Dalam sebuah serangan balik, Elche mendapatkan kesempatan bagus untuk menyamakan kedudukan setelah Rodrigues berdiri bebas dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Claudio Bravo.

Javier Mascherano yang sedikit tertinggal di belakangnya berupaya mengejar, namun nahas lututnya sedikit menyentuh kaki Rodrigues. Mascherano pun dihadiahi kartu merah, karena dianggap menghentikan peluang Elche menyamakan kedudukan.

Tendangan bebas diberikan kepada tim tamu, tapi tendangan Edu Albacar tak menemui sasaran karena hanya melambung. Babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Barca.

Hanya semenit babak kedua berjalan, Barca memperbesar keunggulan. Munir, debutan berusia 18, meloloskan diri dari jebakan offside dan mencetak gol usai menyontek umpan terobosan dari Rakitic.

Giliran Marc Bartra yang memberikan ancaman untuk gawang Elche di menit ke-56 dari dalam kotak penalti. Tapi upayanya masih terbaca oleh kiper.

Barca lantas menambah keunggulan di menit ke-63 di mana Messi mencetak gol keduanya di laga ini. Menerima sodoran bola dari Alves di muka kotak penalti, Messi kemudian bergerak ke tengah dan mengecoh tiga pemain. Aksinya diakhiri dengan tendangan mendatar terarah ke pojok kiri bawah gawang.

Di menit ke-75, Pedro Rodriguez melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Tapi masih bisa diamankan oleh Tyton.

Unggul tiga gol, Barca mulai menurunkan tekanan dan memainkan bola lebih lama. Hampir tak ada peluang berarti hingga beberapa saat sebelum laga usai, Pedro mendapatkan kesempatan setelah mencocor bola umpan terobosan Messi. Upayanya terbaca oleh kiper.

Laga pun usai untuk kemenangan Barca.

Susunan pemain:

Barca: Bravo, Alves, Mathieu, Mascherano, Alba; Sergio, Rakitic, Iniesta (Sergi 78'), Munir (Pedro 67'), Messi, Rafinha (Bartra 46').

Elche: Tyton; Damian, Lomban, J.Angel (Alvaro 54'), Pelegrin, Albacar; Mosquera, Pasalic (Adrian 81'), Rodrigues; Jonathas, Coro (Fajr 66')

Berita Terkait: