Chile 2-0 Spanyol (19/6/2014)

Kamis, 19 Juni 2014

Langkah Spanyol di Piala Dunia 2014 cuma sampai fase grup setelah di laga kedua La Furia Roja takluk dua gol tanpa balas dari Chile.

Butuh kemenangan pada laga yang dihelat di Maracana Stadium, Kamis (19/6/2014) dinihari WIB, Spanyol malah tertinggal lebih dulu di menit 20 lewat gol Eduardo Vargas.

Jalan Spanyol untuk lolos kian berat setelah di menit 43 Charles Aranguiz menjebol jala Iker Casillas. Sisa waktu di babak kedua tak bisa dimaksimalkan dengan baik meski Spanyol punya banyak peluang.

Pada akhirnya kekalahan kedua di fase grup ini, setelah digilas 1-5 oleh Belanda di partai perdana, mengharuskan 'Tim Matador' angkat koper lebih cepat karena belum punya poin sama sekali.

Posisi tim Vicente del Bosque ini ada di urutan terbawah, kalah selisih gol dari Australia yang juga sama-sama sudah tersingkir usai kalah 2-3 dari Belanda beberapa jam lalu.
Sementara Chile lolos bersama Belanda sebagai wakil grup ini di fase 16 besar. Poin mereka sama yakni enam dan akan memperebutkan posisi juara grup di laga terakhir.

Spanyol mengawali laga dengan tak mulus karena ditekan Chile yang langsung menyerang. Kemelut di kotak penalti Spanyol pda menit pertama nyaris membuat gawang Iker Casillas bobol namun bola mengenai paha Jordi Alba dan menghasilkan korner.

Dari situasi sepak pojok di menit kedua itu, Chile mendapat peluang dari sundulan Gonzalo Jara yang masih melayang di atas mistar.

Peluang pertama Spanyol hadir di menit 15 ketika tembakan Xabi Alonso dari jarak dekat masih mampu dihadang Claudio Bravo.

Di menit 20 Spanyol tertinggal lebih dulu setelah serangan balik Chile mampu membongkar pertahanan mereka. Bola kemudian didapat Charles Aranguiz yang mengoper kepada Eduardo Vargas yang dengan dingin mengecoh Casillas dan menyonteknya ke gawang.

Enam menit setelahnya Diego Costa mendapat peluang di depan gawang lewat sepakan yang diarahkan ke tiang dekat namun bola masih menyasar sisi gawang.

Keunggulan Chile bertambah dua menit jelang turun minum usai Aranguiz menjebol jala Casillas lewat sepakan terukur ke tiang dekat menyusul bola rebound free kick Alexis yang ditepis Casillas.

Skor 2-0 jadi penutup babak pertama untuk keunggulan Chile.

Tiga menit selepas jeda Costa mendapat umpan terobosan di depan gawang Chile. Tapi ia terlalu lama menahan bola dan pemain Chile dengan cepat memblok jalur tembakan Costa.

Sergio Busquets punya peluang emas mencetak gol di menit 53 andaikan ia lebih tenang mengeksekusi bola di depan gawang menyusul umpan tendangan akrobatik Costa. Sayang Busquets malah mengarahkan bola ke samping dan buka ke dalam gawang.

Isla nyaris mencetak gol ketiga Chile di menit 68 ketika ia menyambut bola yang mengarah ke tiang jauh. Meski gawang sudah kosong, bola tembakan Isla melayang di atas mistar.

Tandukan Santi Cazorla di menit 80 masih bisa dibendung oleh Bravo dan berujung sepak pojok. Bravo kembali mengagalkan peluang Spanyol di menit 84 lewat sepakan Iniesta dari luar kotak penalti.

Hingga laga berakhir skor tak berubah dan hasil ini pun mengirim Spanyol pulang ke negaranya.

Susunan Pemain

Spanyol: Casillas; Azpilicueta, Martinez, Sergio Ramos, Alba; Iniesta, Busquets, Xabi Alonso (Koke 46'); Silva, Diego Costa (Torres 64'), Pedro (Cazorla 75').

Chile: Bravo; Silva, Jara, Medel; Isla, Diaz, Vidal, Aranguiz (Gutierrez 64'), Mena; Alexis Sanchez, Vargas (Valdivia 85').

Berita Terkait: