Bayern Munich 0-1 Dortmund (13/4/2014)

Minggu, 13 April 2014

Kemenangan besar diraih Borussia Dortmund dalam lawatannya ke markas Bayern Munich. Pada laga di Allianz Arena yang berakhir Minggu (13/4) dinihari WIB, Dortmund mengandaskan Bayern 3-0.

Meskipun Bayern bermain dengan skuat penuh, Dortmund membuktikan sebagai tim yang lebih baik. Gol dari Henrikh Mkhitaryan membawa Die Roten unggul 1-0 di paruh pertama.

Jonas Hofmann melengkapi kemenangan Dortmund lewat golnya di menit ke-56, sekaligus mendongkrak moral timnya menjelang pertarungan semifinal DFB-Pokal di tengah pekan depan.

Meski Der Klassiker kali ini tidak lagi menentukan karena Bayern sudah dipastikan gelar juara, namun Dortmund butuh untuk finis runnerup. Pasukan Juergen Klopp itu saat ini mengoleksi 61 poin hasil 30 pertandingan.

Lebih tertekan, Dortmund justru memimpin lebih dulu lewat yang dibuat Mkhitaryan di menit ke-20. Umpan dari sisi kanan diterima Marco Reus. Mkhitaryan, di posisi bebas melepas sepakan kaki kanan untuk menaklukkan Manuel Neuer.

Semenit sebelumnya, Bayern mengklaim penalti karena handball pemain Dortmund. Wasit tidak menggubris karena memang dalam tayangan ulang, bola membentur wajah bukan tangan.

Sejauh ini, Bayern belum menemukan bentuk permainannya. Mereka masih kesulitan menembus kotak penalti Dortmund.

Dua menit menjelang turun minum, Bayern memperoleh peluang bagus pertama. Namun sepakan Mario Mandzukic mengarah ke tepat ke Roman Weidenfeller.

Babak pertama berakhir, Dortmund sementara mengungguli Bayern 1-0.

Hanya empat menit setelah kickoff babak kedua, Dortmund berhasil memperbesar skornya menjadi 2-0.

Dari serangan balik, Mkhitaryan memberikan umpan matang kepada Pierre-Emerick Aubameyang. Umpan silang Aubameyang diterima Reus yang sukses mengirim bola ke sudut kanan bawah gawang Bayern.

Dortmund benar-benar memberi mimpi buruk bagi Bayern. Di menit ke-56, Bayern tertinggal 0-3 setelah tendangan Hofmann hasil umpan lambung panjang diselesaikan dengan sempurna.

Bayern hampir memperkecil ketertinggalannya. Di menit ke-72, Schweinsteiger melepaskan sepakan mendatar namun meleset tipis dari gawang yang dijaga Roman Weidenfeller.

Bayern masih mencoba membuat gol balasan. Sebuah kemelut di depan gawang terjadi, namun Nuri Sahin berhasil menyapu bola di garis gawang sekaligus mengagalkan upaya Bayern.

Aubameyang hampir menciptakan gol keempat bagi tim tamu. Diawali dari serangan balik, sepakan Aubameyang ditepis Raeder, diikuti dengan tendangan ke sisi luar gawang hasil memanfaatkan bola pantul.

Usaha Bayern menciptakan gol balasan kandas. Sundulan Mandzukic yang merobek gawang Dortmund di menit ke-84 dianulir wasit karena dianggap sudah dalam posisi offside saat menyambut bola set-piece Kroos.

Tidak hanya sulit menciptakan gol balasan, situasi semakin buruk buat tim tuan rumah. Di masa injury time, Bayern harus bermain dengan 10 orang setelah Rafinha diganjar kartu merah karena berselisih dengan Mkhitaryan.

Pertandingan pun berakhir. Dortmund berhak atas kemenangan tiga gol tanpa balas dari Bayern.

Susunan Pemain
BAYERN MUNICH: Neuer (Raeder 46'), Dante, Martinez, Rafinha, Lahm, Alaba, Schweinsteiger, Ribery (Mueller 60'), Robben (Kroos 69'), Goetze, Mandzukic

BORUSSIA DORTMUND: Weindenfeller, Sokratis, Hummels (Friedrich 69'), Durm, Sahin, Kehl, Hofmann (Lewandowski 62'), Reus, Mkhitaryan, Aubameyang (Jojic 77')

Berita Terkait: