PSG 2-1 Bayer Leverkusen (13/3/2014)

Kamis, 13 Maret 2014

Paris Saint Germain menyempurnakan keunggulannya atas Bayer Leverkusen. Les Parisiens meraih kemenangan tipis dengan skor 2-1 untuk memastikan langkah ke babak delapan besar Liga Champions.

PSG menjalani leg kedua babak 16 besar Liga Champions dengan berbekal kemenangan away 4-0. Namun begitu, kemenangan 2-1 yang diraih anak didik Laurent Blanc datang lewat perjuangan berat karena Leverkusen memberi perlawanan sengit sepanjang 90 menit pertandingan.

Di Parc des Princes, Kamis (13/3/2014) dinihari WIB, Leverkusen malah unggul lebih dulu melalui tandukan Sidney Sam di menit enam. PSG langsung membalas setelah Marquinhos menjebol gawang Leverkusen, juga dengan kepalanya, meneruskan umpan tendangan sudut.

Adalah Ezequiel Lavezzi yang kemudian jadi pahlawan penentu kemenangan PSG. Di awal babak kedua dia mencatatkan namanya di papan skor untuk memastikan PSG kembali meraih kemenangan.

Dengan keunggulan agregat 6-1, PSG pun lolos ke delapan besar Liga Champions. Mereka menyusul Atletico Madrid dan Bayern Munich yang sudah lebih dulu memastikan lolos.

Leverkusen lebih dulu memiliki peluang di menit tiga saat tendangan jarak jauh Andres Guardado memaksa kiper Salvatore Sirigu melakukan penyelamatan dengan membuang bola ke luar lapangan.

Di menit enam publik Parc des Princes dibuat bungkam karena gawang PSG jebol. Meneruskan umpan silang dari sisi kanan, tandukan Sidney Sam dari jarak dekat membawa Leverkusen unggul 1-0.

Namun kondisi tersebut tak bertahan lama karena tujuh menit kemudian skor menjadi berimbang 1-1. Dari umpan tendangan sudut, Marquinhos berhasil merebut bola di udara dan dengan kepalanya mengarahkan ke dalam gawang. S

PSG punya peluang untuk balik mengungguli Leverkusen saat Zlatan Ibrahimovic tinggal berhadapan dengan kiper Bernd Leno di menit 18. memilih mencungkil bola dalam posisi satu lawan satu, si kulit bundar yang diarahkan Ibra mental kembali ke lapangan karena membentur mistar gawang.

Pelanggaran yang dilakukan Christophe Jallet terhadap Eren Derdiyok membuat wasit menunjuk titik putih di tengah kotak penalti PSG. Namun peluang emas untuk mencetak gol gagal dimanfaatkan oleh Simon Rolfes karena eksekusi penaltinya terbaca kiper Salvatore Sirigu.

Tujuh menit sebelum turun minum gantian Edinson Cavani yang membuang peluang. Dapat bola dari Ibrahimovic, menyusul kesalahan bek Leverkusen, sepakan Cavani saat tinggal berhadapan dengan kiper juga gagal jadi gol, bola masih bisa dihalau Leno dengan kakinya.

Babak kedua berjalan delapan menit, PSG berhasil membalikkan keadaan. Diawali penetrasi yang dilakukan Lucas Digne di sisi kiri, dia lantas mengirim bola ke muka kotak penalti. Di sana tendangan Lavezzi bersarang di gawang Leverkusen untuk kali kedua.

Upaya Leverkusen mencetak gol penyama kian sulit setelah mereka justru kehilangan satu pemainnya di menit 68. Dapat kartu kuning kedua, Emre Can diusir wasit ke luar lapangan.

Senam menit sebelum laga tuntas, PSG punya satu kesempatan lagi bikin gol. Umpan yang dilepaskan Jeremy Menez tepat mengarah ke Javier Pastore, namun sepakan Pastore masih membentur dada kiper Bernd Leno.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa pertandingan. PSG menang 2-1 dan secara agregat memimpin 6-1 untuk memastikan langkahnya ke delapan besar Liga Champions.

Susunan Pemain
PSG: Salvatore Sirigu, Thiago Silva, Marquinhos, Lucas Digne, Christophe Jallet, Yohan Cabaye, Adrien Rabiot, Javier Pastore, Edinson Cavani ('85 Zoumana Camara), Zlatan Ibrahimovic ('72 Je;re;my Menez), Ezequiel Lavezzi ('63 Lucas Moura)

Bayer Leverkusen: Bernd Leno, Philipp Wollscheid, Andre;s Guardado, Ă–mer Toprak, Giulio Donati, Stefan Reinartz ('78 Maximilian Wagener), Simon Rolfes, Emre Can, Eren Derdiyok, Sidney Sam ('67 Julian Brandt), Gonzalo Castro ('67 Heung-Min Son)

Dua menit berselang Leverkusen punya peluang kembali menyamakan kedudukan andai saja drive Giulio Donati tidak bisa diselamatkan Sirigu. Di menit 58 Sirigu kembali melakukan penyelamatan saat dia menjinakkan tendangan Eren Derdiyok.

Berita Terkait: