Atletico Madrid 4-1 AC Milan (12/3/2014)

Rabu, 12 Maret 2014

Atletico Madrid memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Champions dengan agregat 5-1 atas AC Milan. Di laga leg II babak 16 besar dinihari tadi, Los Cholconeros menang 4-1 atas tamunya itu.

Bermain di Vicente Calderon, Rabu (12/3/2014) dinihari WIB, Atletico unggul cepat lewat gol Diego Costa di menit ketiga, namun Milan berhasil membalas lewat Ricardo Kaka. Arda Turan lantas membawa Atletico kembali memimpin sesaat sebelum jeda.

Selepas jeda tuan rumah tampil trengginas. Raul Garcia dan Costa masing-masing mencetak gol dan memastikan kemenangan telak 4-1.

Di tambah modal kemenangan 1-0 pada pertemuan pertama, anak-anak asuh Diego Simeone pun melaju ke babak perempatfinal dengan agregat meyakinkan 5-1. Pengundian babak ini akan dilakukan pada 21 Maret mendatang.

Baru berjalan tiga menit, Atletico sudah mampu memetik keunggulan. Gol berawal ketika Gabi berhasil merebut bola yang berada dalam penguasaan Michael Essien, di sisi kanan lapangan.

Dari kaki Gabi, bola disodorkan ke Koke. Nama terakhir lantas mengirim umpan silang ke Costa di tiang jauh yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan penyerang kelahiran Brasil itu mencocor bola masuk ke gawang.

Tuan rumah mendapatkan peluang berikutnya di menit ke-9. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan, Koke melepas umpan ke muka gawang dan disambut tembakan first time Raul Garcia. Upayanya ini cuma melesat di samping kanan gawang.

Atletico mendapatkan ancaman saat laga masuk menit ke-24. Menerima umpan terobosan lambung dari Ignazio Abate di dalam kotak penalti, Balotelli mendapatkan gangguan dari Diego Godin dan sepakannya pun cuma mengarah ke Thibaut Courtois.

Gol! Milan sukses menyamakan kedudukan di peluang keduanya lewat Kaka pada menit ke-27. Mario Balotelli mengumpan ke Andrea Poli di sisi kanan, yang langsung melepas umpan silang ke tiang jauh. Kaka yang terlepas dari kawalan menanduknya dan bola berbelok masuk ke gawang setelah membentur Juanfran.

Di menit ke-36, Kaka berpeluang menambah gol dan membawa timnya berbalik unggul, saat dalam posisi bebas menyambut umpan silang Adel Taarabt di dalam kotak penalti. Tapi sundulannya kali ini cuma melesat di atas mistar gawang.

Menginjak menit ke-40, Atletico keluar dari tekanan dan mencetak gol kedua. Sepakan voli Arda memanfaatkan sodoran Raul Garcia membentur kaki Adil Rami dan berubah arah masuk ke gawang.

Dua menit berselang, giliran Garcia yang menebar bahaya. Tendangan saltonya meneruskan umpan silang Juanfran cuma melesat tipis ke kiri gawang. Tak ada lagi gol hingga turun minum.

Tekanan dari Atletico berlanjut ke menit-48. Costa memimpin sebuah serangan balik cepat sebelum kemudian menyodorkan bola ke Gabi. Tapi sepakan keras sang kapten cuma menyentuh tiang gawang bagian luar.

Giliran Joao Miranda yang mendapatkan peluang mencetak gol, tepatnya di menit ke-62. Costa berakselerasi di sisi kanan dan melepas umpan lambung yang ditanduk rekannya tersebut. Namun usahanya masih mengarah tepat ke Abbiati.

Serangan bertubi-tubi Atletico membuahkan hasil delapan menit berselang. Garcia memenangi duel udara dan menanduk umpan tendangan bebas Gabi. Bola melewati Abbiati dan masuk ke gawang.

Tak selang lama, Atletico nyaris kebobolan. Umpan terobosan Kaka diterima Robinho di dalam kotak penalti, tapi sepakannya dimentahkan mistar gawang.

Atletico kian menegaskan kemenangan kala Costa mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-85. Gol bermula dari aksi Jose Sosa yang melakukan cut-inside dari sisi kanan. Di area kotak penalti, Costa lalu mengambil alih bola dan melepaskan sepakan keras dengan kaki kanan. Bola meluncur masuk ke gawang.

Peluit akhir dibunyikan, tak ada gol lagi.

Susunan pemain:
Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Miranda, Godin, Filipe; Mario Suarez, Koke (Diego 82'), Arda Turan (Rodriguez 78'), Gabi; Raul Garcia (Sosa 70'); Diego Costa

Milan: Abbiati; Abate, Bonera, Rami, Emanuelson; Essien (Pazzini 69'), De Jong (Muntari 78'); Poli, Kaka, Taarabt (Robinho 46'); Balotelli


Semenit selepas jeda, Atletico langsung menekan. Sepakan Costa dari sudut sempit di sisi kanan kotak penalti Milan masih melebar

Berita Terkait: