Manchester United 0-3 Liverpool (16/3/2014)

Senin, 17 Maret 2014

Liverpool memenangi laga klasik melawan Manchester United di Old Trafford, Minggu (16/3/2014). The Reds sukses mempermalukan tim tuan rumah dengan skor telak 3-0. Kapten Steven Gerrard menyumbangkan dua gol.

Liverpool yang memasang trio Luis Suarez, Daniel Sturridge, dan Raheem Sterling di lini depan memang lebih efektif. Mereka melepaskan 17 tembakan sepanjang pertandingan dan tujuh di antaranya tepat sasaran.

Sebaliknya, MU jarang benar-benar mengancam gawang Liverpool. Dari 13 tembakan yang mereka lepaskan, cuma satu yang tepat sasaran.

Pada babak pertama, Liverpool memimpin satu gol lewat tendangan penalti Gerrard. Setelah turun minum, Liverpool mendapatkan dua hadiah penalti lagi, tapi cuma satu yang bisa dituntaskan Gerrard menjadi gol. Suarez akhirnya memantapkan kemenangan Liverpool lewat golnya pada menit-menit akhir.

Hasil ini menempatkan Liverpool di urutan kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 62 poin dari 29 pertandingan, terpaut empat poin dari Chelsea yang berada di puncak tapi sudah memainkan 30 pertandingan. MU di peringkat ketujuh dengan 48 poin dari 29 pertandingan.

Peluang pertama jadi milik Liverpool. Ketika laga baru memasuki menit ketiga, Sturridge lolos ke kotak penalti MU setelah mendapatkan umpan terobosan dari Jordan Henderson. Sial buat Sturridge, penyelesaiannya masih melenceng.

Setelah itu, Liverpool masih mendominasi permainan. Mereka memaksa pemain-pemain tim tuan rumah lebih banyak mengejar bola.

Sementara itu, MU terlihat kesulitan membangun serangan. Pasukan David Moyes baru bisa melepaskan tembakan pada menit ke-19 lewat Robin van Persie. Tapi, sepakan Van Persie mengenai bek lawan dan dengan mudah diamankan oleh kiper Simon Mignolet.

Memasuki menit ke-28, Liverpool menebar ancaman lagi. Joe Allen yang melihat bola liar di kotak penalti MU langsung menyambarnya. Namun, tembakan Allen terlalu lemah dan mudah ditangkap David de Gea.

Berselang lima menit, tim tamu mendapatkan hadiah tendangan penalti menyusul handball yang dilakukan Rafael. Hadiah penalti ini dikonversi oleh Gerrard menjadi gol. Tembakan kapten Liverpool itu ke arah kanan mengecoh De Gea.

MU mencoba meningkatkan intensitas serangan setelah kebobolan. Mereka mendapatkan peluang emas pada menit ke-44 ketika umpan silang Rafael disambut Wayne Rooney dengan tendangan keras. Tendangan Rooney tak menghasilkan gol karena dimentahkan oleh Mignolet.

Babak kedua belum genap berusia semenit, Liverpool kembali mendapatkan hadiah tendangan 12 pas. Kali ini penyebabnya adalah pelanggaran Phil Jones terhadap Allen di area terlarang. Gerrard kembali menjadi eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik. Meski arah tembakannya terbaca oleh De Gea, bola tetap melaju ke dalam gawang.

MU sempat mengajukan klaim penalti ketika bola mengenai tangan Glen Johnson. Tapi, wasit Mark Clattenburg tak mengabulkannya.

Tertinggal dua gol, MU makin getol menyerang. Marouane Fellaini punya kesempatan bagus untuk mencetak gol pada menit ke-66. Namun, sepakan pemain berambut kribo itu dari depan kotak penalti melambung.

Henderson berpeluang menambah keunggulan Liverpool pada menit ke-72. Tapi, tembakan kerasnya tak mengarah ke sasaran.

Beberapa saat kemudian, gawang MU kembali terancam. Gerrard melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi bola mengenai kaki pemain lawan dan arahnya sedikit melenceng ke samping gawang.

Memasuki menit ke-76, Liverpool mendapatkan penalti ketiganya pada pertandingan ini. Clattenburg menunjuk titik putih setelah melihat Sturridge terjatuh usai mendapatkan tekel dari Nemanja Vidic. Selain memberi penalti untuk Liverpool, Clattenburg juga mengusir Vidic yang sudah menerima dua kurtu kuning.

Keputusan itu mendapatkan protes keras dari Vidic. Dia merasa tidak melakukan pelanggaran dan menuduh Sturridge melakukan diving.

Tapi, penalti ketiga ini tidak berujung gol. Eksekusi Gerrard kali ini membentur tiang gawang. Liverpool tetap memimpin 2-0.

De Gea membuat penyelamatan gemilang ketika pertandingan berusia 82 menit. Berhadapan satu lawan satu dengan Suarez, dia bisa mementahkan tembakan penyerang Liverpool itu.

Namun, Suarez tidak gagal lagi dua menit kemudian. Bola tembakan Sturridge berubah arah setelah mengenai pemain MU dan Suarez yang menguasai bola liar lolos dari jebakan offside. Tinggal menghadapi De Gea, Suarez dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang. MU 0, Liverpool 3.

Pada menit-menit akhir, MU punya kans untuk memperkecil kekalahan mereka. Tapi, tendangan bebas Rooney melayang di atas mistar.

Susunan Pemain
Manchester United: De Gea, Rafael, Jones, Vidic, Evra, Mata (Ferdinand 87'), Fellaini (Cleverley 76'), Carrick, Januzaj (Welbeck 76'), Rooney, Van Persie

Liverpool: Mignolet, Johnson, Skrtel, Agger, Flanagan, Gerrard (Lucas 86'), Allen, Henderson, Sterling (Coutinho 72'), Suarez, Sturridge (Aspas 90+2')

Berita Terkait: