Manchester City 5-0 Fulham (22/3/2014)

Minggu, 23 Maret 2014

Manchester City menghajar Fulham dengan skor telak 5-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Yaya Toure menjadi bintang The Citizens lewat hat-trick yang dibuatnya.

Menjamu Fulham di Etihad Stadium, Sabtu (22/3/2014), City tak diperkuat sejumlah pemain intinya. Vincent Kompany sedang menjalani hukuman, sementara Kun Aguero dan Edin Dzeko tidak fit.

Meski begitu, City tetap terlalu tangguh untuk Fulham. Tim tuan rumah memimpin 1-0 ketika turun minum lewat penalti Toure.

Pada paruh kedua, City mencetak empat gol tambahan. Toure mencetak dua gol lagi, sedangkan Fernandinho dan Martin Demichelis masing-masing membuat satu gol.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi City ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan 63 poin dari 28 pertandingan. Meski tertinggal enam angka dari Chelsea yang berada di puncak, City masih punya tiga laga di tangan. Sementara itu, Fulham tak beranjak dari dasar klasemen dengan 24 poin.

Jalannya Pertandingan

City tampil sangat dominan pada 15 menit pertama. Mereka memaksa Fulham bermain setengah lapangan. Tapi, karena nyaris tak ada peluang yang tercipta, pertandingan pun cenderung membosankan.

City baru mendapatkan peluang bagus pada menit ke-17. James Milner melepaskan tembakan keras yang mengarah ke gawang, tapi bisa dimentahkan oleh kiper David Stockdale.

Tim tamu membahayakan gawang City enam menit kemudian melalui usaha Kieran Richardson. Namun, sepakan Richardson masih sedikit melebar.

Wasit menunjuk titik putih pada menit ke-26 setelah melihat Alvaro Negredo dilanggar Fernando Amorebieta di kotak penalti Fulham. Hadiah penalti untuk City. Toure yang menjadi eksekutor sukses mengelabui Stockdale dan membawa City memimpin 1-0.

Fulham punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Tapi, sundulan Sascha Riether meneruskan umpan silang Richardson masih melenceng.

Memasuki menit ke-37, David Silva nyaris menggandakan keunggulan City. Dia sudah menaklukkan Stockdale dan bola tembakannya sudah menuju ke gawang. Tapi, masih ada Amorebieta yang menghalau bola di garis gawang.

Berselang tujuh menit, gantian Aleksandar Kolarov yang nyaris bikin gol. Dia menyambut operan Milner dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Tapi, tembakannya cuma menghantam mistar.

Delapan menit setelah babak kedua dimulai, wasit kembali memberi hadiah penalti untuk City. Kali ini penyebabnya adalah pelanggaran Amorebieta terhadap Silva. Amorebieta juga harus meninggalkan lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Toure sekali lagi mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi penalti. Dia dengan tenang menjalankan tugasnya dan berhasil memasukkan bola ke dalam gawang. City 2, Fulham 0.

Milner berpeluang membawa City unggul lebih banyak pada menit ke-61, tapi sepakannya melayang di atas mistar. Beberapa menit kemudian, tendangan mendatar Kolarov masih melenceng.

City benar-benar unggul 3-0 pada menit ke-65. Dari situasi tendangan bebas, Toure yang mendapatkan operan dari Samir Nasri melepaskan tembakan keras spektakuler dari luar kotak penalti. Bola menembus gawang Fulham tanpa bisa dijangkau Stockdale.

Sudah unggul tiga gol tak membuat City mengendurkan serangan. Mereka mendapatkan kesempatan lagi pada menit ke-72, namun tendangan kaki kiri Kolarov dihentikan Stockdale.

Peluang lainnya untuk City datang pada menit ke-78. Demichelis menanduk bola hasil tendangan sudut, tapi bisa dihalau Riether di garis gawang.

City mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-85. Mendapatkan umpan dari Milner, Fernandinho menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Tembakan gelandang asal Brasil itu merobek gawang Fulham.

Kemenangan City akhirnya disempurnakan oleh Demichelis tiga menit kemudian. Berawal dari tembakan Stevan Jovetic yang ditepis Stockdale, Demichelis dengan mudah mencocor bola ke gawang kosong.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart, Zabaleta, Demichelis, Lescott, Kolarov, Fernandinho, Toure (Rodwell 77'), Silva (Navas 68'), Nasri (Jovetic 81'), Milner, Negredo

Fulham: Stockdale, Heitinga, Amorebieta, Hangeland, Riether, Sidwell, Kvist Jorgensen, Kacaniklic (Roberts 56'), Richardson (Holtby 55'), Riise, Woodrow (Kasami 84')

Berita Terkait: