Dong Nguyen Pencipta Flappy Bird

Rabu, 12 Februari 2014

Flappy Bird sukses menjadi game fenomenal, meski tampilannya benar-benar ala kadarnya. Banyak orang pun ingin tahu mengenai sosok pencipta game untuk Android dan iOS tersebut, meski anehnya sampai sekarang masih terkesan misterius.

Seperti diketahui, pencipta Flappy Bird adalah Dong Nguyen, pria asal Vietnam. Jika developer lain biasanya senang aplikasi buatannya mencapai sukses luar biasa, Nguyen sebaliknya. Ia jarang mau diwawancara. Foto dirinya pun sampai saat ini sangat jarang. Klimaksnya, ia menarik Flappy Bird dari peredaran di tengah puncak kesuksesan karena merasa hidupnya malah jadi kacau.

Seperti apa sebenarnya profil Dong Nguyen yang berhasil digali oleh media? Berikut kisah singkatnya dari berbagai sumber.

1. Developer Indie

Dong Nguyen adalah seorang developer game indie dengan perusahaannya yang dinamakan Gears Studio. Ia mengaku membuat Flappy Bird sendirian saja tanpa bantuan siapapun.

"Aku membuat game ini sendirian jadi tidak ada tim apapun dan memang gameku ini sangat simpel sehingga tidak diperlukan banyak orang untuk membuatnya," kata dia dalam wawancara dengan thechocolatelabapps.

"Burung di Flappy Bird itu sesungguhnya sudah kubuat di tahun 2012 untuk dipakai di sebuah game namun batal," katanya lagi.

Nguyen menyatakan membuat game semacam Flappy Bird hanya butuh waktu dua sampai tiga hari saja. "Programming butuh waktu sekitar dua sampai tiga hari untuk membuat gamenya bagus," tutur dia.

2. 'Alergi' Media

Dong Nguyen memang boleh dibilang sosok yang aneh. Jika developer game yang lain hampir dapat dipastikan senang bukan kepalang jika gamenya sukses, dia malah sebaliknya. Malah dia meminta media untuk menjauhi dirinya.

"Para awak media terlalu berlebihan merespons kesuksesan gameku. Aku tidak pernah menginginkan hal ini, jadi tolong beri aku ketenangan," kata Dong di Twitter.

Dong hanya melakukan sedikit wawancara sehingga profil dirinya tidak banyak terkuak. Soal kehidupan pribadinya pun nyaris nihil, dia hanya mau membicarakan Flappy Bird. Bahkan foto dirinya pun sampai saat ini sangat sulit ditemukan. Sepertinya baru satu saja fotonya beredar.

Para media pun banyak yang memilih mengambil postingan di Twitter Dong Nguyen untuk membuat berita. Twitter Nguyen di @dongatory saat ini sudah difollow sekitar 115 ribu pengguna Twitter.

3. Kaget Kesuksesan Flappy Bird

Dong Nguyen mengaku kaget Flappy Bird bisa sedemikian fenomenal dan mengalahkan popularitas game dari para developer besar dengan modal melimpah. Padahal, ia mengaku tidak melakukan trik marketing apapun.

"Aku tidak melakukan metode promosi apapun. Semua akun Twitter, Facebook dan Instagram yang berisi tentang Flappy Bird bukankah milikku. Popularitasnya mungkin adalah karena keberuntunganku," katanya.

Mengenai alasan Flappy Bird bikin ketagihan, Nguyen mengutarakan pendapatnya. "Alasan mengapa Flappy Bird sangat populer adalah karena game ini merupakan sesuatu yang berbeda dari game mobile yang ada pada saat i4ni,"

"Orang-orang di ruangan yang sama bisa bermain dan berkompetisi dengan mudah karena Flappy Bird gampang dipelajari tapi butuh keterampilan untuk mencapai skor yang tinggi," jelas Dong.

4. Jadi Kaya Raya

Poularitas melesat Flappy Bird membuat Dong Nguyen untung besar. Ia mengaku menghasilkan sampai USD 50 ribu atau di kisaran Rp 600 juta dalam sehari.

Penghasilan itu didapatkan dari iklan yang selalu muncul setiap kali orang bermain Flappy Bird. Namun Dong mengaku tidak akan kemaruk. Ia tidak mau menambahkan lagi iklan di Flappy Bird.

"Flappy Bird telah berada dalam tahap di mana jika ada sesuatu yang ditambahkan dalam game malah akan merusaknya, jadi aku akan membiarkannya tetap begitu saja," katanya dalam wawancara ala kadarnya dengan media teknologi The Verge.

Nguyen juga mengaku telah mempersiapkan sekuel meski ia belum tahu kapan akan diluncurkan. "Aku akan memikirkan tentang sekuelnya meski belum tahu kapan merilisnya," tutur dia.

5. Menghabisi Flappy Bird

Keanehan Dong Nguyen sepertinya makin menjadi-jadi. Flappy Bird yang saat ini masih sangat populer sudah dimatikan olehnya dan tidak bisa diunduh lagi di toko aplikasi Google Play maupun App Store.

"Maaf penggemar Flappy Bird, 22 jam dari sekarang, saya akan menurunkan Flappy Bird. Saya tak bisa mengontrolnya lagi," kata Dong. Janji itu kini sudah ditepati.

Banyak yang menyayangkan Flappy Bird dimatikan begitu cepat. Ada pula yang menilai langkah mematikan Flappy Bird sesungguhnya hanya trik marketing dari Nguyen saja. Mungkin saja ia sengaja melakukannya agar game berikutnya lebih sukses.

"Hypenya akan luar biasa. Setiap orang mungkin saja akan membeli game baru itu, membuatnya lebih kaya lagi karena orang-orang takut dia juga akan menghapusnya," kata Robert Scoble, seorang blogger terkenal.











Berita Terkait: