Tottenham Hotspur 1-5 Manchester City (30/1/2014)

Kamis, 30 Januari 2014

Manchester City berpesta 5-1 di kandang Tottenham Hotspur, yang harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua. Hasil itu membuat City kini bertengger di pucuk klasemen, menggeser Arsenal.

Di White Hart Lane, Kamis (30/1/2014) dinihari WIB, Sergio Aguero membuka kemenangan City melalui golnya di menit ke-15. Spurs sempat menjebol gawang City lewat Michael Dawson tetapi wasit menganulirnya karena menilai sudah terjadi offside.

Lima menit memasuki babak kedua, Spurs harus bermain dengan 10 pemain setelah Danny Rose dikartu merah. Pelanggaran Rose itu juga membuat City mendapatkan tendangan penalti yang sukses dikonversi Yaya Toure. Tak lama berselang, Edin Dzeko membuat City menambah keunggulannya atas tuan rumah.

Di menit ke-59 Spurs sempat memperkecil ketinggalan lewat gol dari Etienne Capoue. Namun, City kemudian mampu menambah dua gol lagi melalui Stevan Jovetic dan Vincent Kompany.

Hasil itu membuat City kini berhak duduk di puncak klasemen sementara Premier League, menggeser Arsenal. Dari 23 laga The Citizens punya 53 poin, unggul satu poin dari The Gunners. Spurs sementara itu terpaku di posisi lima dengan 43 poin.

Sergio Aguero menguasai bola di luar kotak penalti di menit ke-5 lalu berlari mencari ruang tembak. Usai menjauhi Michael Dawson dan Vlad Chiriches, Aguero melepaskan tembakan yang membuat bola cuma menghantam pojok atas tiang gawang Spurs.

Enam menit kemudian di sisi kiri Edin Dzeko bekerja sama satu-dua dengan Aguero sebelum menyelesaikan serangan itu dengan sebuah tembakan yang membuat bola masih melambung di atas sasaran. Aguero terlihat ada di depan gawang meminta bola.

City memimpin ketika laga memasuki menit ke-15. Sebuah serangan cepat diawali Vincent Kompany dengan memberikan bola kepada David Silva yang lalu meneruskan dengan umpan terobosan ke arah Aguero. Dihadang Hugo Lloris di depannya, Aguero tetap mampu mengirim bola ke dalam gawang Spurs.

Spurs coba membalas di menit ke-19. Perhatian tertuju ke Emmanuel Adebayor yang berada di kotak penalti City, walaupun akhirnya bola tendangannya masih mengenai Kompany.

Semenit setelah itu Lloris pamer aksi di bawah mistar gawangnya. Ia melakukan penyelamatan penting untuk menghentikan bola hasil tandukan Aguero yang melaju deras ke gawangnya.

Michael Dawson menggetarkan gawang City di menit ke-36 menyusul sebuah tendangan bebas. Tetapi gol tidak berlaku karena wasit sudah meniup peluit tanda offside.

Empat menit memasuki babak kedua, Danny Rose melanggar Edin Dzeko di kotak terlarang. Hasilnya wasit menunjuk titik putih dan memberi kartu merah untuk Rose. Yaya Toure maju jadi algojo dan menuntaskan tugas dengan baik.

Keunggulan City bertambah lagi di menit ke-54. Tendangan David Silva cuma membentur tiang, tetapi bola lantas mengarah ke Dzeko yang langsung menembakkan bola rebound untuk bikin gol.

Spurs memperkecil ketinggalan di menit ke-59. Diawali dari sepak pojok yang menimbulkan kemelut kecil di depan gawang City, pemain pengganti Etienne Capoue berhasil menjebol gawang tim tamu.

City menambah gol lagi di menit ke-78 melalui pemain pengganti Stevan Jovetic. Mendapat bola dari Fernandinho di sisi kiri, ia lalu berlari ke tengah dan melepaskan tembakan menyusur tanah ke arah pojok gawang Spurs tanpa bisa dihalau Lloris.

Di menit ke-87 Lloris menghentikan bola sepakan Aleksandar Kolarov dengan kakinya untuk mencegah gawang Spurs kebobolan gol nomor lima dalam pertandingan ini.

Dua menit berselang Lloris benar-benar harus kembali memungut bola. Dari sepak pojok, Dzeko menyambut bola dengan sepakan di tepi kotak penalti. Bola memantul dalam lajunya ke arah gawang lalu bergerak liar untuk disambar Vincent Kompany. Gol.

Susunan Pemain
TOTTENHAM: Lloris, Walker, Chiriches, Dawson, Rose, Lennon, Bentaleb, Dembele (Capoue 46'), Sigurdsson (Naughton 55'), Eriksen (Holtby 83'),

Berita Terkait: