Southampton 2-2 Arsenal (29/1/2014)

Rabu, 29 Januari 2014

Arsenal cuma membawa pulang satu poin dari lawatannya ke markas Southampton. The Gunners yang mengakhiri laga dengan 10 orang menyusul kartu merah untuk Mathieu Flamini ditahan imbang 2-2 oleh Southampton.

Dalam pertandingan di St. Mary's Stadium, Rabu (29/1/2014) dinihari WIB, Arsenal menutup babak pertama dalam keadaan tertinggal 0-1. Gol Jose Fonte di menit ke-21 menjadi pembeda saat turun minum.

Usai jeda, tiga gol langsung tercipta di awal babak kedua. Arsenal sempat berbalik unggul setelah Olivier Giroud dan Santi Cazorla berturut-turut mencetak gol.

Tapi Southampton bereaksi dengan cepat. Adam Lallana menjebol gawang Szczesny semenit usai gol Cazorla dan skor kembali berimbang.

Di menit ke-80, Arsenal harus kehilangan Flamini yang diganjar kartu merah oleh wasit. Dia diusir dari lapangan setelah melanggar Morgan Schneiderlin.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi Arsenal di puncak klasemen dengan 52 poin. Tapi tim arahan Arsene Wenger itu bisa saja disalip oleh Manchester City yang cuma tertinggal dua poin dan baru akan bertanding, Kamis (30/1/2014) dinihari WIB nanti.

Peluang pertama didapat Southampton saat pertandingan berjalan delapan menit. Callum Chambers berhasil mencuri bola dari pemain belakang Arsenal di dalam kotak penalti. Sam Gallagher yang mendapat bola kemudian melepaskan tembakan yang memaksa Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan.

Sampai pertandingan berjalan 20 menit, Southampton mendominasi permainan. Penguasaan bola tim tuan mencapai 63 persen. Mereka juga lebih agresif dengan melepaskan empat tembakan dengan satu yang berstatus on target. Sementara sejauh ini belum ada upaya dari Arsenal.

Southampton kemudian membuka keunggulan di menit ke-21. Umpan Luke Shaw dari sisi kiri disambut sundulan Jose Fonte ke arah tiang dekat untuk menjebol gawang Szczesny.

Adam Lallana nyaris menggandakan keunggulan Southampton tak lama berselang. Tapi tembakannya dari luar kotak penalti masih membentur Mathieu Flamini dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Southampton terus mengurung pertahanan Arsenal. Peluang emas kembali didapat tim tuan rumah menyusul kemelut di dalam kotak penalti Arsenal.

Upaya Nacho Monreal untuk membuang bola justru membentur Steven Davis. Bola kemudian mengarah ke Gallagher yang berdiri bebas di depan gawang Szczesny. Tapi dia gagal menyarangkan bola ke dalam gawang setelah sepakannya melebar.

Dua menit jelang turun minum, Arsenal hampir menyamakan kedudukan. Tapi sepakan Laurent Koscielny dari jarak dekat menyambut sepak pojok Mesut Oezil bisa digagalkan oleh Artur Boruc.

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung bereaksi membalas ketertinggalan di menit ke-47. Bola umpan Bacary Sagna dari sisi kanan langsung disambut sontekan oleh Olivier Giroud. Southampton 1 Arsenal 1.

Enam menit kemudian, Arsenal berbalik unggul. Bola umpan dari Oezil diteruskan dengan tembakan kaki kiri Santi Cazorla di muka kotak penalti dan mengarah ke pojok gawang Boruc.

Tapi keunggulan Arsenal tak bertahan lama. Southampton langsung menyamakan kedudukan satu menit kemudian lewat sepakan Lallana dari dalam kotak penalti yang menuntaskan umpan dari Jay Rodriguez. Southampton 2 Arsenal 2.

Sebuah serangan balik cepat dilancarkan Arsenal di menit ke-64. Oezil menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti. Pemain internasional Jerman itu kemudian melepaskan tembakan yang hanya membentur mistar gawang setelah sebelumnya sempat mengenai pemain belakang Southampton.

Sepuluh menit jelang waktu normal habis, Arsenal harus bermain dengan 10 orang. Flamini diganjar kartu merah oleh wasit setelah melakukan pelanngaran kepada Morgan Schneiderlin.

Unggul jumlah pemain, Southampton mencoba menaikkan tempo serangan. Umpan Shaw dari sisi kiri yang sempat membentur Sagna memaksa Szczesny melakukan penyelamatan. Tak lama berselang, Szczesny kembali menggagalkan peluang Southampton lewat sepakan Fonte.

Di sisa waktu pertandingan, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor imbang 2-2 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain
Southampton: Boruc, Chambers, Fonte, Yoshida, Shaw, Cork, Schneiderlin, S. Davis (Guly 88'), Lallana, Rodriguez, Gallagher (Ward-Prowse 71')

Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Monreal, Arteta, Flamini, Oezil, Cazorla (Gibbs 85'), Gnabry (Oxlade Chamberlain 71'), Giroud (Podolski 89')

Berita Terkait: