Liverpool 4-0 Everton (29/1/2014)

Rabu, 29 Januari 2014

Liverpool sukses memenangi derby Merseyside edisi ke-222 dengan skor telak 4-0 atas Everton. Gol masing-masing dicetak oleh Steven Gerrard, Daniel Sturridge (2 gol), dan Luis Suarez.

Bermain di Anfield, Rabu (29/1/2014) dinihari WIB, Liverpool langsung unggul tiga gol di babak pertama, dibuka gol Gerrard dan dilanjutkan dua gol Sturridge. Satu gol tambahan lain dicetak Suarez di awal-awal babak kedua.

Secara keseluruhan, Everton sebenarnya lebih memegang penguasaan bola dengan 61% berbanding 39% milik tuan rumah. Namun tim asuhan Brendan Rodgers tampil lebih efisien. Mereka melepaskan 19 tembakan dengan sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Everton punya 18 upaya, namun hanya empat yang on target.

Hasil ini mempertahankan Liverpool di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan nilai 46 dari 23 pertandingan. Sementara Everton kini harus tertinggal empat poin dari sang rival sekota, meski tetap menduduki posisi keenam.

Liverpool langsung mendapatkan tekanan dua menit laga berjalan. Lewat sebuah serangan balik, Kevin Mirallas mengirimkan bola ke Ross Barkley di sisi tengah. Barkley lantas melepaskan tendangan jarak jauh namun masih melayang di atas mistar Simon Mignolet.

Tuan rumah langsung merespon semenit berselang. Sepakan first time Jordan Henderson dari luar kotak penalti memaksa Tim Howard melakukan manuver penyelamatan.

Tekanan dari Liverpool berlanjut pada menit ke-7. Sturridge berhasil merebut bola dari Phil Jagielka dan bola jatuh ke kaki Suarez. Penyerang asal Uruguay itu kemudian menyepak bola dengan kaki kirinya, namun berhasil ditepis Howard.

Giliran Raheem Sterling menebar ancaman pada menit ke-18. Diawali umpan terobosan Sturridge ke jantung pertahanan Everton, bola berhasil dikuasai Sterling yang memenangi adu lari dengan Jagielka dan Alcaraz. Namun sepakannya mentah di kaki Howard.

Gol! Liverpool sukses menjebol gawang Howard lewat Steven Gerrard pada menit ke-21. Kapten Liverpool tersebut menanduk bola umpan sepak pojok dari Suarez ke pojok kiri atas gawang Everton.

Liverpool terus mendominasi pertandingan. Pada menit ke-27, umpan Suarez diterima Strurridge di luar kotak penalti. Nama terakhir lantas melengkungkan bola mengarah ke pojok kanan atas, tapi masih sedikit di atas mistar.

Everton berkesempatan menyamakan kedudukan pada menit ke-31. Eksekusi sepak pojok Mirallas diterima Jagielka di tengah kotak penalti dan langsung mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Liverpool. Tapi Mignolet mampu membaca arah bola dan menepisnya.

Tuan rumah masih belum keluar dari tekanan. Sepakan keras mendatar Mirallas dari luar kotak penalti hanya melesat tipis di sisi kiri gawang Mignolet.

Meski tertekan, Liverpool justru mampu menambah keunggulan lewat kaki Sturridge pada menit ke-32. Berawal dari serangan balik, Philippe Coutinho melepaskan umpan terobosan kepada Sturridge di sisi kiri yang tak terkawal. Nama terakhir pun sukses menaklukkan Howard dalam duel satu-lawan satu.

Hanya tiga menit berselang, Sturridge mencetak gol keduanya. Umpan jauh Toure diterima Sturridge yang lolos dari jebakan offside. Howard mencoba maju untuk menutup ruang tembak, namun Sturridge dengan cerdik melambungkan bola melewati kiper Amerika Serikat tersebut.

Tak ada lagi gol tercipta hingga turun minum.

Empat menit berjalan, Liverpool tertekan. Tembakan jarak jauh Leon Osman meneruskan umpan Leighton Baines memaksa Mignolet beraksi melakukan penyelamatan.

Namun semenit berselang, Liverpool justru menjauh melalui kaki Suarez. Kesalahan dari Jagielka di lingkaran tengah lapangan membuat bola jatuh ke kaki Suarez. Penyerang bernomor punggung tujuh itu lantas membawa bola dari sana hingga ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Howard lewat tendangan kaki kiri mendatar.

Pada menit ke-54, Sturridge berpeluang mencetak hat-trick sekaligus gol kelima. Wasit menghadiahkan penalti setelah menilai Sterling dijatuhkan oleh Howard di kotak terlarang. Namun Sturridge membuang kesempatan, eksekusinya melayang di atas mistar.

Everton terus berupaya memperkecil ketertinggalan. Pada menit ke-70 James McCarthy mencoba peruntungan dari luar kotak penalti, setelah menerima umpan dari Baines. Sepakannya ditepis Mignolet dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Peluang berikutnya dari Leon Osman pada menit ke-78 juga gagal. Tendangan jarak jauhnya mampu dinetralkan oleh Mignolet.

Hingga laga usai, tak ada lagi gol tambahan.

Susunan pemain:
Liverpool: Mignolet, Cissokho, Skrtel, Toure, Flanagan (Kelly 73'), Gerrard, Henderson, Coutinho (Luis Alberto 79'), Sturridge (Moses 71'), Sterling, Suarez

Everton: Howard, Baines, Jagielka, Mirallas, McCarthy, Lukaku (Naismith 25'), Barry, Barkley (McGeady 76'), Pienaar (Osman 46'), Stones, Alcaraz.

Berita Terkait: