Juventus 3-0 AS Roma (6/1/2014)

Senin, 06 Januari 2014

Juventus sukses memenangi duel panas melawan AS Roma. Diwarnai keluarnya dua kartu merah, Bianconeri mengalahkan Roma 3-0. Ini adalah kekalahan pertama buat Roma.

Menjamu Roma di Juventus Stadium, Senin (6/1/2014) dinihari WIB, Juve sempat kesulitan pada menit-menit awal. Pasalnya, Roma begitu dominan dan lebih banyak menguasai bola.

Meski begitu, Juve bisa unggul melalui gol Arturo Vidal. Skor 1-0 untuk keunggulan Juve bertahan hingga jeda.

Pada awal babak kedua, The Old Lady menambah gol lewat Leonardo Bonucci. Roma yang harus mengejar ketertinggalan justru kehilangan dua pemainnya, yaitu Daniele De Rossi dan Leandro Castan.

Mirko Vucinic akhirnya memantapkan kemenangan Juve. Penalti Vucinic memastikan tim tuan rumah menang telak 3-0.

Bagi Juve, hasil ini memperpanjang rentetan kemenangan mereka di Serie A menjadi sepuluh kemenangan. Mereka kini memimpin klasemen sementara dengan 49 poin dari 18 pertandingan dan dipastikan menjadi juara paruh musim.

Sebaliknya, ini adalah kekalahan perdana bagi Roma pada musim ini. Giallorossi masih bertahan di urutan kedua dengan 41 poin.

Meski bermain di kandang lawan, Roma justru tampil dominan. Mereka banyak menguasai bola dan memaksa Juve lebih banyak bertahan.

Tapi, hal itu tak menghalangi Juve untuk bikin gol lebih dulu. Pada menit ke-17, mereka menjebol gawang Roma lewat kaki Vidal.

Gol tersebut berawal dari aksi Carlos Tevez di kotak penalti Roma. Tevez mengecoh Daniele De Rossi sebelum memberikan umpan pendek kepada Vidal. Vidal tak menyia-nyiakannya. Sontekan gelandang asal Chile itu menggetarkan gawang Roma yang dikawal Morgan De Sanctis.

Roma langsung memberikan respons setelah kebobolan. Miralem Pjanic melepaskan tendangan mendatar pada menit ke-19, tapi kiper Gianluigi Buffon bisa menangkapnya dengan baik.

Tim tamu mendapatkan peluang lagi dua menit kemudian. Pjanic melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun Buffon bisa mementahkannya.

Buffon kembali membuat penyelamatan yang menghindarkan gawang Juve dari kebobolan. Dia menjatuhkan diri untuk menepis tendangan jarak jauh Dodo.

Fernando Llorente punya kesempatan untuk menggandakan keunggulan Juve pada menit ke-40. Tapi, tendangannya dari luar kotak penalti melayang di atas mistar.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah. Juve masih unggul 1-0.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Juve sukses menggandakan keunggulannya. Andrea Pirlo mengeksekusi sebuah tendangan bebas yang dikonversi oleh Bonucci menjadi gol. Bonucci mencocor bola dari jarak dekat tanpa bisa diantisipasi De Sanctis.

Roma berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan mereka. Pada menit ke-59, sebuah tembakan keras Adem Ljajic dari luar kotak penalti bisa diamankan oleh Buffon.

Tendangan bebas Pirlo pada menit ke-71 tak menghasilkan gol ketiga untuk Juve. De Sanctis berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Situasi makin memburuk untuk Roma tiga menit kemudian. Mereka tak cuma tertinggal dua gol, tapi juga kehilangan salah seorang pemainnya. De Rossi diganjar kartu merah karena melancarkan tekel dua kaki terhadap Giorgio Chiellini.

Kartu merah De Rossi ternyata bukan yang terakhir. Pada menit ke-76, giliran Castan yang diusir wasit karena dianggap mencoba menghalau bola masuk gawang dengan tangannya. Selain mengusir Castan, wasit juga memberi penalti untuk Juvre.

Penalti tersebut berbuah gol ketiga tim tuan rumah. Vucinic mengeksekusi tendangan 12 pas dengan sangat baik.

Setelah unggul 3-0, Juve menarik Vidal dan Llorente, kemudian memasukkan Claudio Marchisio dan Fabio Quagliarella. Quagliarella mengancam gawang Roma lewat tembakannya, tapi bola bisa diamankan De Sanctis.

Skor 3-0 tak berubah lagi hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal (Marchisio 78'), Pirlo, Pogba, Asamoah; Tevez (Vucinic 60'), Llorente (Quagliarella 81')

Roma: De Sanctis; Maicon, Benatia, Castan, Dodo (Torosidis 55'); Pjanic (Destro 55'), De Rossi, Strootman; Ljajic, Totti (Florenzi 72'), Gervinho

Berita Terkait: