Dortmund 0-3 Bayern Munich (24/11/2013)

Minggu, 24 November 2013

Tiga angka penting berhasil diperoleh Bayern Munich dalam laga tandangnya melawan Borussia Dortmund. Menyambangi Signal Iduna Park, Minggu (24/11/2013) dinihari WIB, Bayern mengalahkan Dortmund 3-0.

Sejak awal pertandingan, Dortmund lebih banyak menekan Bayern. Meski begitu, pertandingan berjalan seimbang tanpa gol sampai turun minum.

Kebuntuan akhirnya terpecah di babak kedua. Bayern membuka keunggulan melalui berkat eks pemain Dortmund Mario Goetze dan berturut-turut mencetak gol tambahan melalui Arjen Robben dan Thomas Mueller.

Kemenangan ini membuat Bayern masih belum terkalahkan di liga dan tetap di pucuk klasemen dengan koleksi 35 angka dari 13 laga, unggul tujuh poin dari Dortmund yang melorot ke urutan ketiga.

Baru empat menit berjalan, Dortmund sudah mengancam Bayern. Menerima crossing dari kanan, Robert Lewandowski meneruskan dengan sepakan voli yang melambung, serta dianggap dalam posisi offside, kendati tayangan ulang memperlihatkan sebaliknya.

Tekanan dari Dortmund di menit ke-21. Umpan silang Kevin Grosskreutz dari sisi kanan berhasil dicegat Manuel Neuer sebelum mencapai Marco Reus yang sudah menunggu di depan gawang.

Dortmund terus meneror pertahanan Bayern. Di menit ke-29, dari serangan balik, Marco Reus menggiring bola ke arah gawang sebelum melepaskan tendangan yang memaksa Neuer menepisnya kuat-kuat.

Peluang nyata dari Bayern baru tercipta di menit ke-35. Operan Philipp Lahm kepada Thomas Mueller di kanan, disambut tendangan over head Mario Mandzukic tapi cuma menghasilkan sepak pojok. Beberapa saat kemudian, sepakan Mueller dihalau saja oleh Roman Weidenfeller.

Serangan lain dari Bayern dua menit berselang. Crossing Arjen Robben di depan gawang gagal dimanfaatkan oleh Mandzukic lantaran sepakannya masih melebar.

Jelang turun minum, Dortmund mencoba menekan Bayern kembali lewat serangan balik yang dimotori Reus. Namun, upaya itu patah karena tekel Mandzukic.

Lewandowski melewatkan sebuah peluang di menit ke-52. Crossing Sven Bender dari kanan, tidak mampu dijangkau Lewandowski yang ada di depan gawang yang dihalangi Neuer.

Tiga menit berselang, gantian Bayern mengancam. Umpan silang Lahm kepada Mueller diakhiri dengan sontekan di depan tiang. Masih melebar.

Keputusan memasukkan Mario Goetze terbukti jitu. Mendapat cemoohan dari suporter Dortmund, Goetze justru berhasil memecah kebuntuan Bayern usai membobol gawang bekas timnya itu di menit ke-66.

Lahm menemui Mueller di sisi kanan, yang mengalirkan bola ke Goetze di dalam kotak. Dengan satu sentuhan, Goetze melepaskan tendangan akurat yang tidak mampu dijangkau Weidenfeller. Dortmund 0-1 Bayern.

Mkhitaryan gagal memanfaatkan peluang menyamakan kedudukan. Di menit ke-71, Lewandowski mengirim bola kepada Grosskreutz. Menerima bola dengan dadanya, Mkhitaryan kehilangan momentum dan tembakannya melambung tinggi.

Cuma dua menit, Dortmund kembali mengancam. Umpan Lewandowski kepada Reus yang diteruskan dengan sepakan ke pojok kanan. Neuer masih mampu menghalau dengan tangan kirinya.

Gol yang kedua Bayern akhirnya tercipta di menit ke-85. Lewat serangan balik, Robben menusuk sisi kanan pertahanan Dortmund sebelum melepaskan tendangan cukil yang memperdaya Weidenfeller. Bayern ungguli Dortmund 2-0.

Hanya berjarak dua menit, Bayern melengkapi kemenangannya menjadi 3-0. Umpan silang Lahm kepada Mueller di sisi kanan dan dengan tenang menyarangkan bola ke sudut kanan atas gawang Dortmund.

Susunan Pemain
BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Sokratis, Friedrich, Grosskreutz, Durm, Bender (Piszczek 79), Sahin, Blaszczykowski (Aubameyang 71), Mkhitaryan (Hoffman 71), Reus, Lewandowski

BAYERN MUNICH: Neuer, Rafinha (Van Buyten 79), Boateng (Thiago 64), Dante, Alaba, Martinez, Robben, Lahm, Kroos, Mueller, Mandzukic (Goetze 56).

Berita Terkait: