Barcelona 4-0 Granada (23/11/2013)

Minggu, 24 November 2013

Barcelona meraih kemenangan meyakinkan ketika menjamu Granada. Empat gol dilesakkan empat pemain berbeda untuk menghasilkan skor akhir 4-0 untuk kemenanganBarca.

Barca melakoni laga di Camp Nou, Sabtu (23/11/2013), tanpa pemain megabintangnya, Lionel Messi, yang mengalami cedera hamstring tepat sebelum jeda internasional. Ia diprediksi akan absen sampai awal tahun baru.

Ketidakhadiran Messi sendiri tak mengurangi performa Barca yang sudah memimpin 2-0 di babak pertama melalui gol penalti dari Andres Iniesta dan Cesc Fabregas. Granada kemudian bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-66 usai Manuel Iturra dikartu merah. Hasilnya, Barca bisa menambah sepasang gol lain melalui Alexis Sanchez dan Pedro.

Hasil di jornada 14 ini membuat Barca kokoh di puncak klasemen La Liga dengan 38 poin, unggul empat poin dari Atletico Madrid yang ada di posisi dua dan belum melakoni laga pekan ke-14.

Barca langsung mengambil inisiatif serangan. Tembakan Alexis Sanchez di menit ke-2 masih tepat ke kiper sedangkan tendangan bebas yang diambil Cesc Fabregas dua menit berselang juga masih bisa dihadang oleh barisan belakang Granada. Setelah itu ada pula tembakan Andres Iniesta yang masih mengarah ke kiper Roberto.

Pertandingan masih berjalan satu arah di menit ke-15, di mana peluang lain dibuat Barca. Dari tendangan bebas, Neymar mengirim bola ke depan gawang untuk coba diteruskan Alexis dan Marc Bartra walau si kulit bundar masih bisa dijinakkan oleh kiper Roberto.

Wasit menunjuk titik putih di menit ke-18 usai pelanggaran Dimitri Foulquier terhadap Fabregas di kotak terlarang. Foulquier juga mendapat kartu kuning di insiden ini. Iniesta lalu maju jadi algojo dan berhasil mengecoh kiper untuk membuat skor jadi 1-0.

Kesempatan Granada untuk membalas sudah langsung hadir di menit ke-23. Namun, tendangan keras Piti cuma membuat bola menghantam mistar gawang Barca yang dikawal oleh Jose Manuel Pinto.

Dari tendangan bebas tujuh menit berselang, bola kembali diarahkan Piti tepat ke gawang Barca. Tetapi Pinto masih bisa mengamankan si kulit bundar yang menuju ke pojok bawah gawang.

Wasit kembali menunjuk titik putih di menit ke-40 usai Iniesta dilanggar oleh Fran Rico. Kali ini Fabregas yang maju jadi eksekutor dan kemudian membuat kedudukan berubah jadi 2-0.

Lewat sebuah serangan yang dirancang dari sisi kanan di menit ke-49, bola kemudian mengiris pertahanan Granada sampai akhirnya tiba di kaki Pedro yang tidak terkawal. Ia lalu menyepak, walau arah si kulit bundar masih melambung dari bidang sasaran.

Enam menit kemudian Iniesta mengirimkan umpan silang yang ditujukan kepada Neymar. Bola sampai ke pemain yang dituju walau si kulit bundar masih bisa dihentikan kiper dan hakim garis pun sudah mengangkat bendera tanda offside.

Dalam keadaan tertinggal dua gol, Granada lantas harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-66 setelah Manuel Iturra menerima kartu kuning keduanya akibat melanggar Pedro.

Lima menit setelah itu Barca menambah keunggulan menjadi 3-0. Dari sisi kanan Alexis Sanchez berhasil mengecoh pemain belakang lawan dan kemudian melambungkan bola melewati kiper Roberto.

Granada masih berusaha merespons, kembali melalui Piti yang tembakannya di menit ke-76 masih menyisir di sisi gawang Granada setelah sedikit ditepis oleh Pinto.

Pemain pengganti Barca Adama Traore melakukan penetrasi seorang diri di menit ke-88. Jatuh bangun melewati barisan belakang Granada, ia lantas melepaskan tembakan walau arahnya masih tepat ke kiper.

Gol keempat buat Barca lahir di menit ke-89. Sebuah umpan sejajar dari Fabregas berhasil diteruskan Pedro seraya menjatuhkan diri dan membuat skor berubah menjadi 4-0.

Susunan Pemain
Barcelona: Pinto, Montoya, Pique, Bartra, Adriano, Busquets (Song 74'), Fabregas, Iniesta, Alexis (Sergi Roberto 74'), Neymar (Traore 83'), Pedro.

Granada: Roberto; Nyom, Diakhate, Murillo, Foulquier; Iturra, Recio, Fran Rico; Brahimi (Buonanotte 77'), Piti (Ighalo 77'), El-Arabi (Riki 72').

Berita Terkait: