Barcelona 1-0 Espanyol (2/11/2013)

Sabtu, 02 November 2013

Barcelona harus bersusah payah untuk bisa mengalahkan Espanyol dalam Derby Catalan. Los Cules menuntaskan laga dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang Alexis Sanchez.

Pada laga yang dihelat di Camp Nou, Sabtu (2/11/2013) dinihari WIB, Barca tampil dominan sepanjang laga, baik dari hal penguasaan bola maupun jumlah tembakan. Mereka punya 74 persen ball possesion serta membuat 19 sepakan tapi hanya lima yang on goal.

Sementara Espanyol bikin delapan tembakan ke arah gawang Barca dengan dua on goal. Gol satu-satunya hadir ketika laga berjalan lebih dari sejam lewat jasa Alexis.

Kemenangan ini membuat Azulgrana kokoh di puncak klasemen dengan 34 poin dari 12 pertandingan, unggul empat angka dari Atletico Madrid serta sembilan poin dari Real Madrid.

Sementara itu Espanyol di urutan kedelapan dengan 15 poin.

Barca langsung memainkan tempo cepat sejak menit awal dan di menit kelima mereka sudah mengancam gawang Espanyol tapi Kiko Casilla mampu menepis bola tembakan Alexis.

Setelah 10 menit tancap gas, Barca sedikit kesulitan membongkar pertahanan berlapis dari Espanyol.

Peluang baru tercipta lagi di menit 35, kali ini giliran Espanyol yang menguji ketangguhan barisan pertahanan Barca. Dani Alves tak sempurna menjaga bola dan membuat Sergio Garcia dengan mudah merebutnya, tapi Victor Valdes lebih cepat menghadang laju tembakan Garcia.

Semenit sebelum turun minum Alves melakukan kerjasama 1-2 dengan rekannya dan membuatnya bebas melepaskan tembakan. Tapi sayang bola yang sempat dihadang Casilla malah membentur tiang dan gagal lah Barca mencetak gol.

Di babak kedua Barca coba lebih intens melancarkan serangan ke gawang Espanyol tapi lagi-lagi Casilla serta bek-beknya di depannya bermain dengan sangat baik menghalau para pemain tuan rumah.

Alves di menit 53 berhasil menggiring bola di sisi kanan melewati bek Espanyol dan melepaskan crossing yang disambut tandukan Lionel Messi. Sayangnya bola masih bisa ditepis Casilla. Messi masih belum bisa cetak gol yang sudah berlangsung dalam tiga laga terakhir.

Di menit 62 Neymar meliuk-liuk melewati tiga pemain Espanyol sebelum menyepak bola ke tiang jauh tapi gagal menemui bidang sasaran karena bola melebar.

Alexis! Barca akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit 67 melalui gol pemain asal Chile itu. Neymar mendobrak pertahanan Espanyol dan kemudian mengirim umpan ke tiang jauh yang dituntaskan dengan sempurna lewat sepakan Alexis.

Gol tunggal Alexis tersebut kemudian bertahan hingga laga usai karena tak satupun dari peluang-peluang Barca yang bisa memperbesar skor.

Susunan Pemain
Barcelona: Valdes; Alves, Mascherano, Pique, Montoya; Busquets, Xavi, Iniesta; Messi, Neymar, Alexis (Pedro 83')

Espanyol: Casilla; Raul Rodrguez, Sidnei, Hector Moreno, Fuentes; David Lopez, Abraham (Gonzales 83'), Sanchez; Thievy (Cordoba 63'), Torje, Sergio

Berita Terkait: