Manchester United 1-0 Real Sociedad (24/10/2013)

Kamis, 24 Oktober 2013

Manchester United meraih kemenangan tipis 1-0 atas Real Sociedad pada matchday III Liga Champions. Gol kemenangan United tercipta lewat gol bunuh diri Inigo Martinez di babak pertama.

Kendati menang lewat gol bunuh diri, United tampil relatif dominan. Mereka juga melepaskan 18 attempts sepanjang laga, di mana beberapa di antaranya mentah di tangan kiper Claudio Bravo yang tampil cukup apik.

Sociedad sendiri juga punya banyak peluang bagus. Hanya saja, tim tamu gagal memanfaatkannya dengan baik. Beberapa berakhir di halauan David De Gea, beberapa lainnya mentah lantaran tiang gawang.

Pada laga di Stadion Old Trafford, Kamis (24/10/2013) dinihari WIB, United tampil tanpa penyerang andalannya, Robin van Persie. Bomber asal Belanda itu mengalami cedera pada ibu jari kakinya, menurut David Moyes.

Penyerang United lainnya, Wayne Rooney, kemudian membawa timnya melaju duluan selepas start. Rooney yang menusuk masuk ke dalam kotak penalti, melepaskan sebuah tendangan ke arah tiang jauh. Tendangannya kemudian masih membentur tiang gawang.

Bola muntah tendangan Rooney itu berusaha dihalau oleh Inigo Martinez. Namun, sial buat Inigo, bola malah masuk ke dalam gawang timnya sendiri. United unggul 1-0 pada menit kedua.

Rooney kemudian mendapatkan peluang pada menit ke-13. Menyambut umpan silang dari Rafael da Silva, dia melepaskan tendangan first time dari dalam kotak penalti. Namun, tendangannya masih bisa diblok oleh Claudio Bravo.

Empat menit berselang, Rooney melepaskan tendangan sembari menjatuhkan diri setelah menerima umpan dari Antonio Valencia. Namun, tendangan bomber internasional Inggris itu masih jauh melambung.

Tuan rumah sempat menciptakan gol di menit ke-19 lewat sundulan Javier Hernandez, memanfaatkan umpan yang dilepaskan Ryan Giggs. Namun, Hernandez lebih dulu berada dalam posisi offside. Gol itu pun dianulir.

Sociedad mendapatkan peluang bagus di menit ke-29. Antoine Griezmann menggring bola sampai ke depan kotak penalti United. Kendati mendapatkan pengawalan dari dua bek tengah, dia masih bisa melepaskan tendangan kaki kanan. Namun, tendangan Griezmann masih bisa ditepis David De Gea.

Tim tamu kembali mendapatkan peluang pada menit ke-42, kali ini lewat tendangan bebas Griezmann. Namun, tendangan bebas pemain bernomor punggung 7 itu masih mengenai tiang gawang United.

Babak pertama kemudian berakhir tak lama setelahnya.

Di awal-awal babak kedua, Sociedad secara sporadis menekan pertahanan United dan beberapa kali melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Salah satu peluang yang dimiliki tim besutan Jagoba Arrasate ini berakhir dengan dihalau oleh Jonny Evans.

Pada menit ke-53, United mendapatkan peluang kembali. Umpan yang dilepaskan oleh Shinji Kagawa di sisi kiri disambut dengan sundulan oleh Phil Jones. Tetapi, sundulan Jones masih bisa ditepis kiper Claudio Bravo.

David Zuruzuta kemudian mendapatkan peluang di menit ke-56. Dia melepaskan tendangan dari sisi kiri, tetapi tendangannya masih mengenai mistar gawang United.

United kemudian membalas lewat Antonio Valencia dua menit kemudian. Gelandang asal Ekuador itu melepaskan tendangan kaki kanan keras dari dalam kotak penalti. Tetapi, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan Bravo.

Valencia mendapatkan peluang lagi pada menit ke-62. Berawal dari sebuah serangan balik, Rooney mengirim umpan terobosan ke sisi kanan, di mana Valencia berlari masuk. Dia lantas melepaskan tendangan kaki kanan keras, namun tendangannya hanya mengenai tiang gawang.

Rooney juga mendapatkan kans bagus untuk mencetak gol pada menit ke-70. Sial baginya, tendangan volinya dari dalam kotak penalti masih melambung.

Kendati banyak peluang masih tercipta setelahnya, tidak ada tim yang mencetak gol lagi. United pun mendapatkan poin penuh keduanya di fase grup.

Dengan hasil ini, United memimpin klasemen sementara dengan nilai 7 --unggul satu poin atas Bayer Leverkusen yang di saat bersamaan menang 4-0 atas Shakhtar Donetsk. Sementara Sociedad berada di posisi empat dengan nilai 0. Mereka belum mendapatkan kemenangan sama sekali.

Susunan Pemain
Manchester United: De Gea; Rafael (Smalling 59), Jones, Evans, Evra; Valencia, Carrick, Giggs, Kagawa; Rooney, Hernandez (Young 80).

Real Sociedad: Bravo; C. Martinez, Mikel, Inigo, De la Bella; M. Bergara, Zurutuza (Irizabal 75), Xabi Prieto (Pardo 68); Vela, Seferovic (Agirretxe 75), Griezman.

Berita Terkait: