Barcelona 2-1 Real Madrid (27/10/2013)

Minggu, 27 Oktober 2013

El Clasico pertama musim 2013/2014 menjadi milik Barcelona. Di Camp Nou, Minggu (27/10/2013) dinihari WIB, Barca menundukkan Real Madrid dengan skor 2-1.

Barcelona mencetak kedua golnya di masing-masing babak. Yang pertama dilesakkan Neymar pada menit 19, sementara gol cantik Alexis Sanchez pada menit 79 membuat tuan rumah sempat unggul 2-0.

Madrid mencetak gol yang memperkecil ketinggalan mereka di menit pertama periode injury time. Adalah Jese Rodriguez yang menjebol gawang Victor Valdes lewat skenario serangan balik yang cepat.

Kemenangan ini membuat Barcelona bertahan di puncak klasemen dengan poin dikumpulkan kini berjumlah 28. The Catalans juga menjaga rekor sebagai satu-satunya klub yang belum terkalahkan di musim ini (sembilan kemenangan dan sekali imbang).

Buat Madrid, kekalahan di Camp Nou tak menggeser posisi mereka di urutan tiga klasemen. Anak didik Carlo Ancelotti sudah mengumpulkan 22 poin dari 10 pertandingan.

Barcelona dan Madrid sama-sama menurunkan dua bintang baru mereka dalam laga ini: Gareth Bale dan Neymar. Namun nasib berbeda dijalani keduanya. Neymar bikin gol dan berulang kali menebar ancaman ke pertahanan Madrid dengan aksi-aksi individunya, sementara Bale tak banyak terlihat di atas lapangan hingga akhirnya ditarik keluar dan digantikan Karim Benzema di pertengahn babak kedua.

Bermain di Camp Nou, Sabtu (26/10/2013) malam WIB, Barcelona tampil dominan dan menguasai jalannya laga sejak peluit pertama dibunyikan wasit. Pada menit-menit awal pertandingan, Lionel Messi dkk pun terus mengurung pertahanan tamunya.

Peluang pertama dipunya Neymar pada menit 18 saat Neymar meliuk-liuk melewati dua pemain bertahan Madrid. Di muka kotak penalti, tendangan yang kemudian dia lepaskan masih terlalu lemah hingga mudah ditangkap Diego Lopez.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Camp Nou akhirnya datang di menit 19. Sergio Busquets melepas umpan pada Andres Iniesta yang berada di muka kotak penalti Madrid, Iniesta jeli melihat Neymar yang menusuk masuk dari sisi kiri.

Menguasai bola namun dihadang beberapa bek Madrid di dalam kotak penalti, Meymar melepaskan tendangan pelan namun mengarahkannya ke tiang jauh. Bola yang terlebih dulu membentur kaki Carvajal masuk ke gawang Diego Lopez. Barca unggul 1-0.

Dua menit berselang Messi nyaris memperbesar keunggulan Barca. Lolos dari jebakan offside, tendangannya melebar saat tingga berhadapan dengan Lopez.

Menjelang babak pertama berakhir, Sami Khedira nyaris mencetak gol pemyama. Sontekannya di muka gawang saat menyongsong crossing dari Ronaldo masih bisa dihalau Victor Valdes. Khedira kemudian mengklaim penalti karena Adriano menyentuh bola dengan tangannya saat membantu Valdes mengamakan situasi tersebut. Namun wasit menolak permintaan itu.

Barcelona kembali lebih dulu menebar ancaman di awal babak kedua. Berhasil menguasai bola hasil umpan panjang dari tengah lapangan, Neymar lantas melepaskan tendangan voli dari jarak dekat. Tidak ada gol tercipta karena Lopez memblok si kulit bundar ke luar lapangan.

Peluang emas mencetak gol penyama dipunya Ronaldo pada menit 58. Lolos dan tinggal berhadapan dengan Valdes, tendangan keras Ronaldo masih bisa dihadang kiper asal Spanyol itu.

Tak banyak berkontribusi, Bale akhrinya ditarik di menit 61 dan digantikan Karim Benzema. Striker asal Prancis itu langsung menebar ancaman, saat tandukannya dari jarak dekat untuk menyosong umpan Marcello masih melayang di atas gawang Valdes.

Ronaldo terjatuh di kotak penalti Barcelona karena ditabrak Javier Mascherano. Bintang asal Portugal protes karena kejadian tersebut tak dianggap pelanggaran dan Madrid pun urung dapat penalti.

Benzema! Oh mistar gawang mengindarkannya dari mencetak gol penyama. Padahal Valdes sudah tak kuasa menghalau si kulit bundar.

Sebelas menit sebelum laga tuntas Barcelona berhasil menambah keunggulan melalui Alexis Sanchez. Gol tersebut bermula dari serangan cepat yang dibangun Barcelona usai mencuri bola di tengah lapangan. Neymar dengan cepat mengirim umpan pada Alexis Sanchez yang berlari cepat menuju kotak penalti.

Sprint Sanchez terhalang di tepi kotak penalti karena Varane menghadangnya. Jeli melihat Deigo Lopez berada agak jauh dari gawangnya, dengan cerdik pemain asal Chile itu mencungkil bola. Si kulit bundar melayan di udara dan masuk ke gawang. 2-0 untuk Barca.

Di menit pertama periode injury time, Madrid bisa mencetak gol yang memperkecil ketinggalan. Dari serangam balik Jese tinggal berhadapan dengan Valdes. Tendangan mendatar yang dia lepaskan masuk ke gawang. Skor pun berubah jadi 2-1.

Susunan Pemain
Barcelona: Victor Valdes, Gerard Pique, Javier Mascherano, Adriano, Dani Alves, Xavi, Andres Iniesta ('77 Alex Song), Sergio Busquets, Cesc Fbregas ('70 Alexis Snchez), Lionel Messi, Neymar ('84 Pedro)

Real Madrid: Diego Lopez, Raphael Varane, Pepe, Marcelo, Daniel Carvajal, Sergio Ramos ('56 Asier Illarramendi), Sami Khedira, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale ('61 Karim Benzema), ngel Di Mara ('76 Jese)

Berita Terkait: