Arsenal 0-2 Chelsea (30/10/2013)

Rabu, 30 Oktober 2013

Chelsea membawa pulang kemenangan dari kandang Arsenal dan meraih tiket ke babak delapan besar Piala Liga Inggris. Gol-gol dari Cesar Azpilicueta dan Juan Mata memberi The Blues keunggulan 2-0.

Bertanding di Emirates Stadium, Rabu (30/10/2013) dinihari WIB, Arsenal dan Chelsea menurunkan beberapa pemain pelapis sebagai starter. Di kandangnya sendiri, 'Gudang Peluru' sedikit lebih dominan di awal laga dan berhasil menciptakan beberapa peluang mencetak gol.

Namun kesalahan yang dibuat barisan belakang Arsenal membuat Azpilicueta menjebol gawang tuan rumah saat pertandingan masuk menit 25. Skuat besutan Jose Mourinho menambah keunggulannya di pertengahan babak kedua, tepatnya menit 66 melalui tendangan Juan Mata dari luar kotak penalti.

Kemenangan ini mengantar 'Si Biru' lolos ke babak kelima Piala Liga Inggris, serta memperpanjang domimasi Jose Mourinho yang tak pernah kalah atas Arsene Wenger.

Di menit-menit awal laga, Arsenal dan Chelsea terlihat berimbang dengan kedua tim bergantian membangun serangan. Peluang pertama bikin gol dimiliki Kevin De Bruyne saat tendangannya usai melewati Carl Jenkinson masih bisa dihalau kiper Lukasz Fabianski.

Publik Emirates Stadium dibuat terbungkam saat laga masuk menit 25 menyusul gol yang dilesakkan Azpilicueta. Dimulai dari serangan balik yang dibangun Samuel Eto'o, backpass yang coba dilakukan Jenkinson berhasil dipotong Azpilicueta sebelum bola sampai ke kiper. Sontekan Azpilicueta berhasil mengarahkan bola ke dalam gawang.

Tiga menit berselang Arsenal punya kesempatan menyamakan kedudukan. Kesalahan yang dibuat Azpilicueta saat mengumpan membuat Nacho Monreal mampu memotong si kulit bundar. Chelsea beruntung momen tersebut tak sampai berujung gol karena bola membentur tiang gawang Mark Schwarzer.

Dalam posisi tertinggal, Arsenal terus memberikan tekanan pada pertahanan Chelsea. Namun The Blues mampu mengantisipasi gelombang serangan yang mengarah ke gawang mereka dan memaksakan skor 1-0 bertahan hingga laga tuntas.

Di awal babak kedua, Arsenal punya dua kesempatan beruntun masing-masing melalui Santi Cazorla dan Aaron Ramsey. Namun upaya melepaskan tendangan jarak jauh yang dilepaskan keduanya tak menghasilkan apa-apa karena arahnya tak tepat sasaran.

Ramsey kemudian melakukan kerjasama satu-dua dengan Niklas Bendtner di dalam kotak penalti. Meski hanya berjarak sekitar 12 meter dari muka gawang, Bendtner memilih mengembalikan bola pada rekannya itu. Malang buat Ramsey karena ruang geraknya keburu tertutup dan upaya Arsenal mencetak gol kembali gagal.

Bukan mencetak gol penyama, Arsenal malah kembali kebonolan pada men it 66. Mendapat bola pantul yang disundul Willian, Mata melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Si kulit bundar yang mengarah ke tiang jauh gagal ditepis kiper dan mengubah skor jadi 2-0.

Olivier Giroud nyaris mencetak gol di menit 71. Berada dalam kawalan beberapa pemain Chelsea, di dalam kotak penalti dia berhasil melepaskan tendangan ke arah tiang dekat. Namun Schwarzer bisa bereaksi cepat untuk menghalau gawangnya dari kebobolan.

Dua menit kemudian Chelsea nyaris menambah keunggulan jadi 3-0. Kerjasama satu-dua Michael Essien dengan Ramires berhasil meloloskan sang gelandang Brasil ke dalam kotak penalti. Dia kemudian sukses mengirim umpan melewati kiper Fabianski, namun di muka gawang Koscielny bisa menghalau bola dan menghindarkan gawangnya dari kebobolan lebih banyak lagi.

Susunan Pemain
Arsenal: Lukasz Fabianski, Thomas Vermaelen, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Carl Jenkinson, Tomas Rosicky, Jack Wilshere, Aaron Ramsey ('81 Park Chu-Young), Santi Cazorla, Ryo Miyaichi ('63 Mesut Oezil), Nicklas Bendtner ('67 Olivier Giroud)

Chelsea: Mark Schwarzer, David Luiz, Gary Cahill, Csar Azpilicueta, Ryan Bertrand, Michael Essien, Juan Mata ('90 Tomas Kalas), John Mikel Obi, Kevin De Bruyne ('69 Ramires), Willian, Samuel Eto'o ('81 Demba Ba)

Berita Terkait: