Brasil 2-1 Uruguay (27/6/2013)

Kamis, 27 Juni 2013

Brasil memastikan diri melaju ke partai puncak Piala Konfederasi 2013, usia menumbangkan Uruguay 2-1 pada babak semifinal. Sempat ditahan imbang 1-1, Paulinho kemudian menjadi pahlawan Brasil setelah golnya pada menit 86 mengantar mereka pada kemenangan.

Pada pertandingan yang dihelat di Estadio Mineirao, Kamis (27/6/2013) dini hari WIB tersebut, Brasil, terutama babak pertama, tak tampil dalam bentuk permainan terbaik. Sementara Uruguay, meskipun akhirnya harus takluk, tampil percaya diri dan kerap membuat lini belakang Selecao kerepotan. Dan, Brasil sendiri kini tinggal menunggu pemenang antara Spanyol dan Italia.

Babak I
Begitu pertandingan dimulai, Brasil mencoba untuk mendominasi permainan dengan memainkan umpan-umpan pendek. Namun, rupanya mereka kesulitan, sedangkan Uruguay justru tampil lebih percaya diri dan beberapa kali menekan daerah pertahanan Selecao.

Pada menit 13, Uruguay berkesempatan memimpin setelah wasit menunjuk titik putih setelah terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti Brasil, di mana David Luiz menarik baju Diego Lugano. Diego Forlan pun kemudian maju sebagai eksekutor. Namun, sepakan mendatarnya ke arah kanan mampu dibaca Juli Cesar dan membuat bola keluar dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit 28, Hulk, yang sebelumnya bermain umpan satu-dua di dalam kotak penalti Uruguay, mendapat menendang bola dari dalam kotak penalti, namun masih melenceng. Dua menit kemudian, giliran Uruguay yang mengancam lewat sepakan melengkung Forlan, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Cesar.

Publik Brasil pun bersorak pada menit 41, saat Fred membawa timnya unggul. Berawal dari pergerakan Neymar di sisi kanan pertahanan Uruguay, bola kemudian mampu dihalau Fernando Muslera dan mengarah pada Fred. Dengan sepakan kaki luar, pemain Fluminense tersebut mencetak gol. Dan, Brasil pun akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Babak II
Memasuki paruh kedua, Uruguay langsung mencoba membangun serangan. Hasilnya, pada menit 48 mereka menyamakan kedudukan lewat penyerang Edinson Cavani. Berawal dari kemelut di kotak penalti Selecao, Thiago Silva tak akurat dalam melepaskan umpan hingga akhirnya dimanfaatkan oleh Cavani dengan tendangan ke sudut gawang. Gol! Skor menjadi 1-1.

Pada menit 57, Selecao mengancam lewat tendangan bebas yang dilepaskan Hulk. Namun, Muslera masih mampu mementahkan tendangan keras pemain Zenit St. Petersburg tersebut. Sementara 10 menit kemudian, giliran Uruguay yang mengancam dan hampir membuat Thiago Silva membuat gol bunuh diri. Beruntung bagi Brasil, bola melambung di atas mistar gawang.

Pada menit 69, Neymar, yang sebelumnya memainkan umpan satu-dua, melepaskan tembakan ke arah gawang Uruguay. Beruntung bagi tim tamu, Muslera mampu mengantisipasinya. Sementara pada menit 79, giliran Cavani yang mendapat peluang, meskipun bola yang sebelum menyentuh pemain Brasil. Kedudukan masih sama kuat 1-1.

Dan, Paulinho pun kemudian menjadi pemecah kebuntuan pada menit 86. Diawali tendangan penjuru yang dilepaskan Neymar, tanpa kesulitan pemain yang tengah menjadi incaran Tottenham Hotspur itu menanduk bola ke gawang Uruguay. Skor menjadi 2-1. Dan, hingga wasit mengakhiri pertandingan, kedudukan masih tetap 2-1. Brasil pun melaju ke final.

Susunan pemain:
BRASIL: Cesar, Alves, Marcelo, Luiz, Thiago Silva, Luiz Gustavo, Oscar (Hernanes 73’), Paulinho, Neymar (Dante 92’), Fred, Hulk (Bernard 64’)

URUGUAY: Muslera, Lugano, Godin, Rodriguez, Pereira.M, Arevalo, Gonzalez (Gargano 83’), Caceres, Forlan, Cavani, Suarez

Berita Terkait: