Alasan Developer Utamakan iOS

Minggu, 09 Juni 2013

Perangkat Android memang memiliki porsi terbesar smartphone di dunia saat ini, disusul berikutnya perangkat iOS. Namun menyoal ekosistem dan aplikasi, perangkat iOS tampaknya masih diatas Android.

Hal tersebut setidaknya terlihat dalam sebuah riset yang dilakukan badan riset Flurry. Riset yang dilakukannya mengungkapkan, dibanding pengguna Android, pengguna iOS menghabiskan waktu 30% lebih lama dalam menggunakan aplikasi yang ada dalam perangkat miliknya.

Dengan kata lain, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (8/6/2013), pengguna iOS lebih aktif menggunakan perangkat ketimbang pengguna Android.

Riset tersebut turut mengungkapkan, alasan ini juga yang menjadi faktor terkuat pengembang aplikasi lebih memilih untuk lebih dulu mendahulukan iOS, ketimbang platform lain.

Laporan yang dirilis Flurry pun makin memperkuat hasil riset tersebut. Sejak kuartal pertama 2011 hingga kuartal pertama 2012, 63%-75% persen developer selalu mendahulukan aplikasi garapannya bagi perangkat iOS. Sementara di Android, hanya sekitar 25%-37% yang memprioritaskan aplikasinya bagi perangkat OS robot hijau.

Berita Terkait: