Athletic Bilbao 2-2 Barcelona (28/4/2013)

Minggu, 28 April 2013

Barcelona gagal meraup angka penuh dalam lawatannya ke markas Athletic Bilbao. Barca dipaksa menerima hasil imbang 2-2 setelah Bilbao mencetak gol penyama di menit-menit akhir pertandingan.

Dengan satu tambahan angka yang diperoleh, Barca kini mengoleksi 85 poin hasil 33 pertandingan yang memastikan pesta juara mereka tertunda. Bagi, Bilbao hasil imbang ini tidak mengubah posisi mereka di peringkat 14 klasemen sementara dengan perolehan 37 poin.

Pada pertandingan di San Mames yang berakhir Minggu (28/4/2013) dinihari WIB, Barcelona bangkit di babak kedua usai ketinggalan dari Bilbao lewat gol Markel Susaeta.

Lionel Messi yang masuk di paruh kedua langsung membawa perubah besar pada tim tamu. Messi menyamakan skor dan mengkreasi gol Alexis Sanchez untuk membalikkan keadaan.

Akan tetapi, kemenangan Barca yang sudah di depan mata akhirnya buyar. Ander Herrera membobol gawang Victor Valdez di akhir waktu normal pertandingan untuk memaksakan hasil imbang.

Peluang pertama didapat Bilbao. Di menit ketujuh, umpan silang Ander Herrera tiba di tiang jauh, Aritz Aduriz melepaskan tendangan namun melebar tipis.

Respons apik dari Barcelona pada menit ke-16. Dari situasi set-piece, tendangan bebas Dani Alves membentur mistar gawang Bilbao!

Ancaman dari Barca lahir enam menit kemudian. Kerjasama Xavi Hernandez dan Thiago Alcantara membuahkan peluang namun eksekusi Alex Song masih bisa diamankan kiper Gorka Irairoz.

Giliran Xavi menebar ancamannya. Di menit ke-26, tendangan melengkung gelandang Barcelona itu melebar ke sisi samping gawang Bilbao.

Gol! Satu menit kemudian, Bilbao memimpin 1-0 dari Barcelona. Berawali dari serangan balik cepat, Aduriz menembus pertahanan Barca sebelum melepaskan umpan silang yang sukses diselesaikan Markel Susaeta.

Gelombang serangan terus dilancarkan Barcelona. Upaya dari Cesc Fabregas dan Pedro Rodriguez menjelang akhir babak pertama belum membuahkan hasil.

Pasca restart, Susaeta nyaris memperbesar skor Bilbao. Di menit ke-55, tendangan dia membentur tiang gawang sebelum ditangkap oleh Victor Valdes.

Masuknya Lionel Messi yang menggantikan Xavi di menit ke-59 berpengaruh besar terhadap Barcelona. Hanya delapan menit berada di lapangan, Messi melewati tiga pemain lawan dan mencetak gol balasan guna menjadikan skor kini 1-1.

Gol! Barcelona membalikkan keadaan. Di menit ke-69, Alexis berhasil membobol gawang Bilbao setelah menerima heading pass dari Messi. Bilbao 1, Barcelona 2.

Messi! Tendangan bebasnya dari luar kotak penalti melebar tipis dari gawang Bilbao di menit ke-87. Hadiah tendangan bebas diberikan wasit setelah pelanggaran terhadap striker Argentina itu.

Tiga menit kemudian, Bilbao membawa pertandingan kembali seimbang. Dari umpan silang, Adriano menyundul bola yang justru jatuh ke jalur Herrera. Herrera meneruskan dengan sepakan mendatar yang tak mampu dijangkau Valdes.

Di tiga menit waktu tambahan tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor imbang 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain
ATHLETIC BILBAO: Iraizoz; Iraola, Ekiza, San Jose (Ramalho 71), Aurtenetxe (Gomez 74); Gurpegi, Herrera, De Marcos; Susaeta, Aduriz (Llorente 78), Muniain

BARCELONA: Valdes; Alves, Pique, Abidal (Adriano 45), Alba; Song, Thiago, Xavi (Messi 59), Pedro, Fbregas, Alexis (Iniesta 78)

Berita Terkait: