Italia 2-0 Malta (27/3/2013)

Rabu, 27 Maret 2013

Mario Balotelli menjadi pahlawan kemenangan Italia atas Malta di laga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona UEFA. Italia menang 2-0 dengan gol-gol itu diborong oleh Balotelli.

Di National Stadium, Rabu (27/3/2013) dinihari WIB, Italia memetik poin penuh di kandang Malta berkat sepasang gol Balotelli di babak pertama laga. Malta sendiri punya peluang emas dari titik penalti di paruh pertama, yang mana bisa dimentahkan kiper Gianluigi Buffon.

Dengan hasil tersebut, 'Gli Azzurri' mengokohkan posisinya di pucuk klasemen Grup B dengan 13 poin hasil dari lima pertandingan. Malta sendiri masih jadi juru kunci dengan nol poin.

Bulgaria, yang sebelumnya berimbang 1-1 lawan Denmark berada di posisi dua dengan 10 poin dari enam laga. Republik Ceko mengintai Denmark di posisi tiga grup ini dengan 8 poin hasil dari lima laga, di mana poin teranyar direguk berkat kemenangan 3-0 atas Armenia.

Italia sudah memimpin di menit ke-8. Wasit menunjuk titik putih setelah Stephan El Shaarawy dilanggar di kotak terlarang dan kemudian Mario Balotelli menuntaskan tendangan penalti dengan oke.

Malta nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-16 setelah usaha Gianluigi Buffon menghentikan Andre Schembri membuat wasit menunjuk titik putih. Peluang terbuang setelah sepakan Michael Mifsud bisa diblok Buffon.

Peluang kembali didapat Malta pada menit 19. Mifsud melakukan aksi individu sebelum melepaskan tembakan yang melambung tanpa bisa dibendung Buffon meski akhirnya cuma membentur mistar gawang Italia.

Di menit-menit akhir babak pertama, Mattia De Sciglio menerima bola di sisi kiri dan kemudian melepaskan umpan tarik yang diteruskan Balotelli dengan tendangan jitu untuk membuahkan gol kedua Italia.

Pada menit 62, El Shaarawy berusaha meneruskan umpan dari Claudio Marchisio. Namun, upayanya belum membuahkan gol ketiga untuk Italia.

Empat menit sebelum bubaran, operan Balotelli yang dimanfaatkan Antonio Candreva juga tidak membuahkan hasil. Skor lalu tetap bertahan 2-0 sampai peluit akhir dibunyikan.

Susunan Pemain
Malta: Haber; Caruana, A Muscat, Sciberras, Dimech, Failla (Cohen 82'), Briffa, Mifsud (Vella 88'), Schembri, Herrera, Camilleri

Italia: Buffon; Abate, Barzagli, Bonucci, De Sciglio; Marchisio, Pirlo, Montolivo; Giaccherini (Candreva 61'); Balotelli (Gilardino 86'), El Shaarawy (Cerci 76')

Berita Terkait: