Barcelona 4-1 Osasuna (28/1/2013)

Senin, 28 Januari 2013

Lionel Messi menjadi aktor dalam kemenangan 5-1 Barcelona atas tamunya, Osasuna pertandingan lanjutan kompetisi La Liga di Stadion Camp Nou, Senin (28/1/2013) dini hari WIB.

Empat gol Barcelona dicetak Lionel Messi, dan satu gol lagi lahir dari kaki Pedro Rodriguez, sedangkan gol Osasuna berasal dari Raoul Loe. Osasuna juga harus bermain dengan 10 orang usai Arribas diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-28.

Laga baru berjalan tiga menit, Barcelona langsung mendapat peluang melalui Thiago, tapi kiper Osasuna, Andres Fernandez mampu mengamankan gawangnya. Selang dua menit, Thiago lagi-lagi mendapat peluang, tapi Fernandez kembali tak membiarkan Blaugrana unggul.

Tapi, pada menit kesebelas, gawang Osasuna akhirnya bobol juga ketika Lionel Messi menerima umpan dari Xavi Hernandez lalu mengecoh Fernandez untuk kemudian menceploskan bola ke gawang tim tamu. Barcelona memimpin 1-0.

Barca tetap mempertahankan intensitas serangan mereka ke gawang Osasuna, namun belum ada gol kedua yang mereka ciptakan. Di tengah derasnya serangan Barcelona ke pertahanan mereka, Osasuna malah mencuri gol melalui Raoul Loe pada menit ke-24 untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol Loe berawal dari umpan silang Marc Bertran yang membentur kaki bek Barca, dan jatuh ke kaki Loe yang langsung melepaskan tendangan ke pojok kanan bawah gawang Victor Valdes. Sayangnya, kedudukan 1-1 tak bertahan lama, karena pada menit ke-28 Tim asal Katalan tersebut mendapat hadiah penalti.

Penalti diberikan karena bek Osasuna, Arribas dinilai melakukan handball di kotak terlarang. Selain itu, Arribas juga harus diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua. Messi yang dipercaya menjadi algojo menuntaskan tugasnya dengan sempurna sekaligus membuat Blaugrana memimpin lagi 2-1.

Unggul jumlah pemain dan bermain di hadapan pendukung mereka sendiri membuat Barcelona kian memperlihatkan dominasi mereka. Apalagi, pelatih Osasuna, Jose Luis Mendilibar juga diusir wasit karena protes keras atas penalti yang diberikan wasit kepada Blaugrana.

Alhasil, gawang Osasuna pun kembali bergetar pada menit ke-40 saat Pedro Rodriguez tanpa kesulitan mencocor bola hasil umpan Dani Alves. Gol tersebut membawa Barca memimpin 3-1 untuk sementara. Gol ini terhitung kontroversial, karena dalam tayangan ulang, Alves sebelumnya saat menerima umpan dari Xavi berada dalam posisi offside.

Setelah gol Pedro, belum ada lagi gol tercipta yang lahir dari kedua tim. Babak pertama berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan Barcelona.

Barcelona tak langsung tancap gas ketika memulai babak kedua, tempo mereka lebih lambat dibandingkan dengan di babak pertama. Kendati demikian, penguasaan bola masih milik tim asuhan Tito Vilanova.

Osasuna sendiri menerapkan jebakan offside demi menghalau serangan-serangan Barcelona. Sayangnya, strategi itu yang membuat mereka kebobolan untuk keempat kalinya pada menit ke-57.

Berawal dari aksi David Villa, yang jeli memberikan umpan kepada Messi yang berlari menuju di kotak penalti lawan. Bola jatuh di kaki Messi, yang kemudian melewati Fernandez dan kembali menceploskan bola ke gawang Osasuna. Barcelona memimpin 4-1.

Semenit kemudian, lagi-lagi El Messiah menjadi momok bagi pertahanan Osasuna dengan mencetak gol keempatnya pada laga ini. Skema gol Messi terbilang apik, diawali aksi Xavi, yang mengirim umpan pada Adriano. Messi yang berada di mulut gawang Osasuna menerima umpan Adriano kemudian melepaskan sontekan terukur tanpa bisa dihadang Fernandez. Barcelona unggul 5-1.

Memimpin 5-1 tak membuat Barcelona kemudian mengendurkan serangan mereka, meski Xavi dan Pedro ditarik keluar lapangan. Serangan demi serangan dilancarkan Blaugrana, termasuk pada menit ke-75 melalui Alexis Sanchez yang sepakan masih melenceng, serta tendangan Villa semenit kemudian yang masih melambung.

Ancaman terus mengalir ke pertahanan Osasuna, tapi tak ada lag gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Skor 5-1 untuk kemenangan Barcelona atas Osusasuna tetap bertahan.

Susunan pemain:
Barcelona: Valdes; Alves, Puyol, Mascherano, Adriano; Xavi (Fabregas 66), Busquets (Song 74), Thiago; Pedro (Sanchez 61), Messi, Villa

Osasuna: Fernandez; Bertran, Arribas, Flano (Ruben 68), Nano; Lolo, Loe; Oier, Cejudo (Punal 46), De las Cuevas (Masoud 46); Llorente.

Berita Terkait: