Corinthians Juara Piala Dunia Antarklub 2012

Minggu, 16 Desember 2012

Chelsea gagal tampil sebagai juara Piala Dunia Antarklub setelah dikalahkan oleh klub Brasil, Corinthians di babak final dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Jose Paolo Guerrero di menit 69.

Di Stadion Internasional Yokohama, Minggu (16/12/2012) petang WIB, Chelsea mengakhiri pertandingan dengan 10 orang setelah Gary Cahill diusir keluar lapangan oleh wasit usai dianggap melanggar keras Emerson.

Secara keseluruhan The Blues tampil lebih dominan. Statistik FIFA mencatat juara Eropa ini memiliki 54% penguasaan bola dan 14 upaya dengan enam di antaranya mengarah ke gawang.

Di seberang kubu, Corinthias cuma mempunyai sembilan kali percobaan dengan dua di antaranya mengarah sasaran dan berujung satu gol.

Sementara itu, tim Meksiko Monterrey meraih tempat ketiga setelah mengalahkan wakil Mesir Al-Ahly dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang digelar sebelumnya. Gol dicetak oleh Jesus Manuel Corona (3) dan Cesar Delgado (66).

Peluang berbahaya dari Chelsea tercipta di menit ke-10. Sepakan Gary Cahill dari jarak dekat bisa ditahan oleh kiper Cassio tepat di depan garis gawang.

Penyelamatan pertama Petr Cech. Di menit 18, setelah Emerson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi dengan mudah ditangkap.

Dua menit berselang Chelsea mendapatkan hadiah tendangan bebas dari posisi berbahaya, menyusul pelanggaran terhadap Eden Hazard. David Luis muncul sebagai eksekutor tapi tendangannya membentur pagar hidup Corinthians.

Corinthians kembali membuang peluang emas di menit 28 menyusul kesalahan Cahill. Akan tetapi, Emerson yang berada di batas kotak gagal mengarahkan tendangannya.

Moses! Umpan silang dari Hazard diterima Moses di kotak penalti. Namun, sentuhan pertamanya tidak terlalu bagus. Dibayangi Chicao, sepakannya melambung.

Peluang emas lain untuk Corinthians. Pergerakan apik Jose Paolo Guerrero di dalam kotak diakhiri dengan sepakan namun bisa diredam David Luiz. Bola muntah diteruskan dengan sepakan yang mengarah ke tiang dekat dan sambutan Emerson hanya bersarang di sisi luar gawang.

Torres! Chelsea nyaris membuka skor. Menerima bola panjang dari Frank Lampard di belakang, sepakan Torres masih bisa diselamatkan Cassio.

Ancaman lain Chelsea hadir tak lama kemudian. Moses melepaskan tendangan melengkung ke arah tiang jauh tapi Cassio melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkannya.

Peluang bagus untuk Chelsea saat babak kedua memasuki delapan menit. Hazard menerima umpan terobosan dari Mata, namun tendangannya terhalang oleh Cassio.

Respons berbahaya dari Corinthians di menit 63. Tembakan setengah voli dari Paulinho di dalam kotak penalti melebar tipis saja dari gawang yang dikawal Cech.

Gol! Corinthians memecah kebuntuan enam menit kemudian. Sepakan Paulinho yang terhalang Cech membuat bola melambung dan Guerrero menyambut dengan tandukan yang merobek gawang Chelsea. Corinthias memimpin 1-0.

Setelah memimpin, Corinthians semakin gencar menekan Chelsea. Alessandro menusuk ke depan dan memaksa pertahanan juara Eropa ini buru-buru mengamankan bola.

Torres! Peluang terbuang. Di menit 86, striker Spanyol itu memperoleh bola di depan gawang. Sayang sekali, tendangannya mengarah ke Cassio dan bola berhasil ditangkap.

Petaka buat Chelsea. Di saat harus mencari gol penyama, Chelsea harus kehilangan Gary Cahill yang diganjar kartu merah oleh wasit.

Dua menit menjelang waktu tambahan habis, sundulan Torres menembus gawang Corinthias. Sayang sekali, gol dianulir wasit lantaran si pemain sudah terjebak dalam posisi offside.

Peluit panjang wasit dibunyikan. Corinthias tampil sebagai juara setelah keunggulan 1-0 dari Chelsea bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain
CHELSEA: Cech; Ivanovic (Azpilicueta 82), Cahill, Luiz, Cole; Ramires, Lampard; Moses (Oscar 72), Mata, Hazard (Marin 87); Torres

CORINTHIANS: Cassio; Alessandro, Chicao, Paulo Andre, Fabio Santos; Ralf, Paulinho; Danilo, Emerson, Jorge Enrique; Guerrero (Martinez 87)

Berita Terkait: