Manchester United 1-0 West Ham (29/11/2012)

Kamis, 29 November 2012

Manchester United masih tetap menduduki puncak klasemen sementara Premier League setelah menang tipis atas West Ham 1-0. Robin van Persie yang menjadi pahlawan 'Setan Merah'.

Di Old Trafford, Kamis (29/11/2012) dinihari WIB, gol kemenangan MU dibuat Van Persie di menit pertama pertandingan.

Secara umum, The Red Devils tampil lebih dominan. Statistik ESPN Soccernet mencatat tim tuan rumah memiliki penguasaan bola dengan perbandingan 66:34 milik West Ham.

MU juga menciptakan 22 upaya namun hanya tujuh di antaranya mengarah ke sasaran sedangkan hanya satu upaya West Ham yang mengarah ke gawang dari total 11 upaya.

Dengan kemenangan ini, MU tetap di posisi teratas dengan mengumpulkan 33 poin hasil 14 kali bertanding sementara West Ham turun ke peringkat 10 dengan koleksi 19 poin.

Serangan pertama MU langsung berbuah gol saat laga belum genap satu menit berjalan. Dari umpan terobosan Michael Carrick, Van Persie melepas tendangan lambung yang membentur kaki James Collins sebelum masuk gawang.

Peluang bagus untuk West Ham. Dari tendangan bebas, Matt Jarvis mengirim bola ke tiang dekat yang diteruskan Kevin Nolan tapi bola hanya bersarang di sisi luar gawang Anders Lindegaard.

Andy Carroll! Peluang bagus dari West Ham. Di menit 27, tendangan keras dari kotak penalti mengenai mistar gawang sebelum melambung.

Serangan balasan nan berbahaya dari MU datang tiga menit kemudian. Operan Wayne Rooney diterima Chicharito yang meneruskan dengan tendangan kaki kanan dan ditepis susah payah Jussi Jaaskelainen.

Dua menit sebelum turun minum, Chicharito kembali menebar ancaman setelah melewati Guy Demel di dalam kotak. Namun, bukannya mengoper kepada Van Persie atau menembak bola, Chicharito justru mencoba mendapatkan penalti dengan mendekati Collins.

Tom Cleverley melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan melambung tipis pada menit ke-50 setelah upaya Rooney digagalkan.

Sembilan menit berselang, Jasskelainen menggagalkan tendangan keras Rooney. Serangan MU melalui Chicharito juga masih bisa dipatahkan.

Van Persie menciptakan peluang lain untuk MU di menit ke-74. Sepakan striker Belanda itu bisa dicegat Demel untuk memaksakan sepak pojok.

Penyelamatan gemilang Lindegaard setelah terjadi kemelut di depan gawang MU pada menit ke-83.

Beberapa saat jelang bubaran Patrice Evra membuat kesalahan. Namun Jonny Evans berhasil mengalau bola sebelum dua pemain West Ham bisa memanfaatkannya.

Susunan Pemain
MANCHESTER UNITED: Lindegaard, Rafael, Evans, Smalling, Evra, Anderson (Jones 84'), Carrick, Cleverley (Young 66'), Hernandez, Rooney (Welbeck 79'), Van Persie

WEST HAM: Jaaskelainen, Demel, O'Brien, Reid, Collins, Tomkins, Diame O'Neil 76'), Nolan, Jarvis (Madibo 76'), Taylor, Carroll (Cole 62')

Berita Terkait: