Felix Baumgartner Kapok Terjun Bebas dari Luar Angkasa

Kamis, 25 Oktober 2012

Felix Baumgartner, pria asal Austria dan pemegang rekor dunia sebagai manusia pertama yang melakukan lompatan dari ketinggian 39 kilometer menyatakan secara resmi berhenti dari aksi-aksi menegangkan yang pernah ia geluti.

Seperti di ketahui, pada 14 Oktober 2012 lalu, pria berusia 43 tahun ini melakukan aksi yang memukau jutaan manusia di bumi. Felix, yang merupakan penerjun payung profesional, terjun bebas di atas daratan New Mexico dari ketinggian 128.087 kaki menuju bumi dengan kecepatan sekira 690 mil per jam dan mendarat dengan selamat dalam waktu 4 menit 20 detik.

"Saya kini secara resmi pensiun dari bisnis 'daredevil' (menantang maut)," ujar Felix kepada Secretary General PBB Ban Ki-moon dalam sebuah pertemuan yang dilakukan Selasa kemarin, seperti kutip Phys, Rabu (24/10/2012).

Ban Ki-moon mengungkapkan rasa kagumnya atas keberanian Felix yang melakukan aksi yang luar biasa pekan lalu. Ban pun menjuluki Felix sebagai orang yang paling berani di dunia.

"Kami berbicara tentang apa yang saya capai pada 14 Oktober 2012 dan tentang rencana masa depan, bagaimana saya bisa menginspirasi orang-orang muda dan perempuan," ujar Felix yang juga mengatakan bahwa ia siap terlibat dalam inisiatif PBB.

Felix juga mengatakan, selepasnya ia berhenti dari aksi terjun bebas mencekam yang pernah ia lakukan, kini ia mulai berkonsentrasi untuk menjadi pilot helikopter komersial. "Saya akan tempatkan diri saya pada layanan publik sebagai pilot, menyelamatkan orang dari gunung, sebagai petugas pemadam kebakaran," jelas Felix yang berencana bekerja di Austria, Swiss dan Amerika Serikat.

Meskipun aksi lompatan supersoniknya menyebabkan kegelisahan yang sebagian dialami para pemirsanya, namun Felix mengatakan ia tidak memiliki bekas luka fisik apapun. "Ketika saya mendarat, saya diperiksa secara medis dan tidak menemukan masalah," tuturnya.

Ia tidak merekomendasikan kepada siapapun untuk mencoba meniru laga yang pernah ia lakukan. "Tidak, saya tidak akan, percayalah, ini begitu sulit (melakukan aksi itu)," tegasnya.

Berita Terkait: