Fredrik Ljungberg Pensiun dari Sepakbola

Sabtu, 25 Agustus 2012

Mantan bintang Arsenal, Fredrik Ljungberg memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola. Pria berusia 35 tahun ini merasa sudah puas dengan karir yang dicapainya sejauh ini.

"Hal yang menyenangkan untuk bisa bermain di pertandingan besar. Tetapi ketika Anda tidak lagi memiliki motivasi untuk melakukan latihan, maka saatnya untuk berhenti," katanya kepada stasiun penyiaran Swedia, SVT.

Ljungberg sudah tidak memiliki klub semenjak meninggalkan Shimizu S-Pulse pada 14 Februari 2012. Dia memutus kontrak dengan klub Liga Jepang tersebut atas kesepakatan bersama antara kedua belah pihak.

"Keputusan ini (pensiun) diambil setelah saya absen selama enam bulan. Sepanjang karir, saya telah bermain dengan beberapa pemain terbaik di dunia dan beberapa tim terbaik," sambungnya.

Semasa aktif bermain, pemain yang biasa disapa Freddie ini telah membela tujuh klub. Namun, masa keemasannya terjadi saat membela Arsenal era 1998-2007. Bahkan, namanya tercatat di urutan sebelas untuk Greatest 50 Players di The Gunners.

"Saya bersyukur atas semua yang diberikan dunia sepakbola kepada saya. Termasuk semua orang fantastis yang telah saya temui selama berkarir," papar pemain yang juga pernah bermain di MLS bersama Chicago Fire Soccer Club ini.

Sebagai klub yang pernah merasakan jasa Ljungberg, Arsenal pun mengucapkan salam perpisahannya. Klub asal London ini memastikan kenangan tentang kebersamaan mereka tidak akan dilupakan.

"Semua orang di Arsenal mendoakan Freddie mendapatkan hal terbaik di masa depannya," bunyi pernyataan dalam situs resmi Arsenal.

"Ljungberg bergabung dengan The Gunners pada 1998 dan langsung membuat kesan istimewa dengan mencetak gol hanya dalam beberapa detik pada debutnya melawan Manchester United," sambung pernyataan tersebut.

Eks pemain yang menempati posisi sebagai gelandang serang ini memulai karirnya di klub lokal Swedia Halmstads BK pada 1982. Dia tercatat pernah memperkuat timnas Swedia sebanyak 75 kali dan mencetak 14 gol.

Berita Terkait: