Tim Sepakbola Spanyol Tersingkir dari Olimpiade 2012

Senin, 30 Juli 2012

Kejutan besar terjadi di penyisihan Grup D Olimpiade London 2012 cabang sepak bola. Favorit kuat juara Spanyol mesti tersingkir dini setelah ditekuk Honduras 0-1.

Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Maroko pada Rabu lusa tapi Spanyol sudah dipastikan tersingkir. Dua kekalahan berturut-turut dari Jepang dan Honduras membuat poin mereka 0.

Bertanding di Stadion Sports Direct Arena, Senin dinihari WIB ini, La Bicolor Olimpica langsung mengejutkan Spanyol saat unggul cepat pada menit ketujuh. Adalah penyerang tunggal Jerry Bengtson yang dengan sundulannya berhasil mengoyak jala gawang David de Gea.

Bengtson berhasil unggul dalam duel udara menghadapi Jordi Alba. Kredit juga patut diberikan kepada Roger Espinoza yang mampu mengirimkan umpan manis dari sisi kanan pertahanan La Rojita.

Tertinggal satu gol, Spanyol semakin bernafsu menyerang. Namun, mereka kesulitan membuat peluang dan Honduras bertahan dengan sangat baik.

Spanyol baru mendapat peluang pertamanya melalui Iker Muniain beberapa menit kemudian tapi penyelesaian yang buruk membuat gawang Honduras tetap aman. Penyelesaian yang buruk lagi-lagi menjadi problem besar bagi skuad besutan Luis Milla.

Kerja sama apik antara Isco, Juan Mata, Muniain, dan Adrian diakhiri dengan tendangan yang masih mengarah tepat ke penjaga gawang. 10 menit menjelang jeda, Spanyol mendapat peluang terbaik dalam pertandingan tersebut saat Montoya mengirim umpan silang kepada Mata.

Namun sayang, tendangan Mata masih membentur tiang gawang Honduras yang dijaga Jorge Mendoza. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Spanyol masih mendominasi tapi lemah dalam penyelesaian akhir. Ketika laga tersisa 20 menit lagi, usaha Spanyol lagi-lagi membentur tiang. Kali ini giliran tendangan Muniain yang menerpa tiang Honduras.

Pada menit ke-82, kesialan Spanyol terkonfirmasi saat untuk ketiga kalinya usaha mereka digagalkan tiang gawang Honduras. Adalah Rodrigo yang menjadi pemain Spanyol ketiga yang tendangannya membentur tiang.

Susunan pemain:
Spanyol (4-2-3-1): 1-De Gea; 12-Montoya, 3-Dominguez, 13-Botia, 6-Jordi Alba; 4-Javi Martinez (16-Tello 83’), 15-Isco (9-Rodrigo 66’); 7-Adrian, 11-Koke (17-Ander 46’), 10-Mata; 8-Muniain.

Honduras (4-5-1): 1-Mendoza; 2-Crisanto, 16-Leveron, 5-Velasquez, 3-Figueroa; 7-Martinez, 6-Peralta, 14-Najar, 17-Garrido,15-Espinoza; 11-Bengtson.

Berita Terkait: