Van Marwijk Mundur dari Timnas Belanda

Kamis, 28 Juni 2012

Piala Eropa 2012 jadi turnamen terakhir Belanda di bawah kepemimpinan Bert van Marwijk. Usai De Oranje gagal total di ajang tersebut, Van Marwijk memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih.

Belanda tersingkir secara tragis di Piala Eropa. Robin van Persie cs. kalah tiga kali di babak grup, masing-masing 0-1 dari Denmark, 1-2 dari Jerman, dan 1-2 dari Portugal.

Setelah kegagalan tersebut, Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) dan Van Marwijk bertemu untuk mengevaluasi kinerja tim di Piala Eropa 2012. Sebagai hasilnya, Van Marwijk memutuskan untuk mundur.

"Atas inisiatif Bert van Marwijk, KNVB dan Bert van Marwijk memutuskan untuk mengakhiri kontrak si pelatih. Kesepakatan antara KNVB dan pelatih sebenarnya sampai Piala Eropa 2016," demikian bunyi pernyataan yang tertulis di situs resmi KNVB.

Van Marwijk mengakui, usai tersingkirya Belanda dari Piala Eropa, ia mengaku ragu untuk tetap menjadi pelatih De Oranje. Meski demikian, ia mengaku keputusannya untuk mundur adalah keputusan yang tepat.

"Saya punya beberapa keraguan, namun memutuskan untuk mengambil langkah ini," aku pelatih berusia 60 tahun ini.

Van Marwijk menjadi pelatih Belanda sejak tahun 2008 untuk menggantikan Marco van Basten. Mertua Mark van Bommel ini sukses mengantarkan timnya ke final Piala Dunia 2010 meski saat itu kalah dari Spanyol.

Berita Terkait: