Shevchenko Pensiun dari Timnas Ukraina

Rabu, 20 Juni 2012

Andriy Shevchenko memutuskan untuk menyudahi kiprahnya bersama timnas Ukraina. Sayangnya, penyerang 35 tahun itu tak berhasil mengakhiri pengabdian untuk negaranya dengan cara yang manis.

Shevchenko mengumumkan pengunduran dirinya dari timnas setelah timnya kalah 0-1 dari Inggris di Donbass Arena, Donetsk, Rabu (20/6/2012) dinihari WIB. Dalam laga tersebut, Shevchenko cuma jadi pemain pengganti lantaran kebugarannya sempat diragukan.

Namun, laga kontra Inggris kemungkinan besar bukan laga terakhir Shevchenko dalam seragam timnas. Dia berencana tampil sekali lagi dalam sebuah laga perpisahan.

"Ini adalah laga resmi terakhir saya untuk Ukraina. Nanti saya akan mengatur sebuah laga perpisahan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para suporter," ungkap Shevchenko yang dikutip Reuters.

"Apa rencana saya sekarang? Saya cuma ingin pulang, memeluk anak-anak saya, dan mencium istri saya," katanya.

Shevchenko membela timnas sejak tahun 1995 dan sejauh ini sudah mengumpulkan 111 caps. Pemain yang namanya melambung saat memperkuat AC Milan ini menjadi pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan koleksi 48 gol.

Shevchenko juga jadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak kedua untuk timnas Ukraina. Dia cuma kalah dari Anatoliy Tymoshchuk yang sudah mengoleksi 119 caps.

Selama mengabdi untuk timnas, Shevchenko tampil di dua turnamen besar, yakni Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2012. Di Piala Dunia 2006 dia sukses mengantarkan timnya ke perempatfinal dan mencetak dua gol.

Piala Eropa tahun ini sebenarnya jadi kesempatan terbaik bagi Shevchenko untuk mempersembahkan hasil terbaik untuk Ukraina. Dengan bermain di rumah sendiri, tim arahan Oleh Blokhin ini berharap bisa melaju jauh.

Namun, kenyataan di lapangan tak sesuai harapan. Mereka langsung tersingkir karena cuma menempati posisi ketiga di Grup D, kalah bersaing dengan Inggris dan Prancis.

"Saya harap suporter senang dengan penampilan kami. Saya bahagia untuk para pemain muda yang tampil bagus malam ini. Tim ini punya masa depan cerah," kata Shevchenko.

Berita Terkait: