Kenaikan Gaji di Liga Primer Inggris Capai Rekor Baru

Kamis, 31 Mei 2012

Rekor baru tercatat di Liga Primer Inggris, yaitu beban gaji pemain yang mencapai level yang sepenuhnya baru.

Dalam catatan Deloitte, analis finansial di Eropa, ada peningkatan sebesar 14 persen dalam hal beban pengeluaran gaji klub yang berlaga di Liga Primer.

Dibandingkan musim lalu, ada peningkatan sebesar 201 juta poundsterling menjadi 1,6 miliar pounds dalam hal beban gaji yang harus dibayarkan klub di setiap musimnya.

Namun juga ada peningkatan jumlah pendapatan secara keseluruhan dengan kenaikan mencapai 12 persen menjadi 2,27 miliar pounds. Peningkatan tersebut tak bisa dilepaskan dari meningkatkan pendapatan dari kesepakatan hak siar, terutama dari luar negeri.

"Jika perbandingan gaji dengan rata-rata pendapatan mencapai 70 persen atau lebih tinggi, akan sangat sulit untuk bisa membuat keuntungan operasional," kata Alan Switzer, direktur di bidang bisnis olahraga di Deloitte, Kamis (31/5).

"Dalam pandangan kami, jumlah tersebut terlalu tinggi karena liga dan klub harus menurunkan rata-rata perbandingan menjadi 60-an. Setiap satu persen penurunan, bisa meningkatkan keuntungan operasional mencapai 20 hingga 25 juta pounds," lanjutnya.

Berita Terkait: