Sunderland 2-0 Arsenal (19/2/2012)

Senin, 20 Februari 2012

Usai menerima kekalahan telak di Liga Champions, Arsenal dipaksa kembali menelan pil pahit. The Gunners kini tersingkir dari ajang Piala FA usai menyerah 0-2 dari Sunderland di babak kelima.

Melawat ke Stadium of Light, Minggu (19/2/2012) dinihari WIB, Arsenal kalah lewat gol Kieran Richardson di menit 40 dan gol bunuh diri yang dibuat Alex Oxlade-Chamberlain di menit 78.

Dengan kemenangan ini, Sunderland berhak maju ke babak perempatfinal. Lawan selanjutnya baru akan ditentukan lewat pengundian pada 19 Februari mendatang.

Arsenal langsung melakukan tekanan kepada Sunderland dengan peluang pertama di dapat pada menit 6. Mikel Arteta mengeksekusi tendangan bebas tapi sepakan melengkungnya melebar tipis dari gawang Sunderland.

Kabar buruk buat Arsenal. Daftar cedera tim semakin panjang setelah kini Francis Coquelin di tandu keluar lapangan dan digantikan oleh Sebastian Squillaci lima menit setelahnya.

Pelanggaran Aaron Ramsey berbuah tendangan bebas bagi Sunderland. Operan Lee Cattermole menemui Stephane Sessegnon yang melepaskan sepakan kencang. Bola masih melebar.

Tim tuan rumah kembali menebar ancaman. James McClean melepas umpan silang mendatar berbahaya yang bisa saja diceploskan Sessegnon menjadi gol jika saja Lukasz Fabianski tidak mengamankannya.

Gervinho! Robin van Persie memperoleh bola dan mengoperkan kepada Gervinho di kotak penalti. Sepakan pemain Pantai Gading itu bisa ditepis sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Saat menerima umpan terobosan Alex Song, Van Persie ditekel oleh John O'Shea. Para pemain Arsenal meminta penalti namun wasit tak dikabulkan karena menilai tekel O'Shea bersih.

Gol! Sunderland memimpin 1-0. Dari tendangan bebas Sebastian Larsson, Thomas Vermaelen mengamankan dengan sundulan. Namun bola tiba di jalur Kieran Richardson yang sepakannya sempat membentur Squillaci sebelum menjebol gawang Arsenal.

Dua menit waktu tambahan, Arsenal belum juga mampu menciptakan gol balasan. Skor 1-0 untuk keunggulan Sunderland bertahan hingga turun minum.

Sunderland cuma butuh waktu tiga menit dari kickoff babak kedua untuk kembali mengancam gawang Arsenal. Pelanggaran Sagna berbah tendangan bebas dari posisi yang berbahaya. Larsson kembali tampil sebagai eksekutor namun masih melenceng dari tiang gawang.

Nasib buruk kembali membayangi Arsenal menyusul cederanya Ramsey dan Squillaci yang kemudian digantikan Thomas Rosicky dan Theo Walcott.

Arsenal memperoleh peluang dari tembakan bebas Van Persie di menit 68. Bola mengenai Philipp Bardsley yang lantas diamankan oleh kiper Simon Mignolet. Kemudian sundulan Vermaelen juga masih bisa ditangkapnya.

Gol! Sunderland memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Berawal dari serangan balik, Oxlade-Chamberlain berupaya mengejar bola. Sepakan pemain Sunderland mengenai tiang, Chamberlain yang berupaya mengamankan justru kakinya mengenai bola dan malah masuk ke gawang sendiri.

Hingga pertandingan berakhir, Arsenal tidak mampu menciptakan gol balasan. Skor akhir 2-0 untuk kemenangan Sunderland.

Susunan Pemain
SUNDERLAND: Simon Mignolet, John O'Shea, Kieran Richardson, Michael Turner, Phillip Bardsley, Sebastian Larsson, Lee Cattermole, Craig Gardner, Stephane Sessegnon, Jack Colback, James McClean

ARSENAL: Lukasz Fabianski, Bacary Sagna, Johan Djourou, Thomas Vermaelen, Francis Coquelin (Sebastien Squillaci 11') (Theo Walcott 54'), Mikel Arteta, Alex Song, Aaron Ramsey (Thomas Rosicky 53'), Alex Oxlade-Chamberlain, Yao Kouassi Gervinho, Robin van Persie

Berita Terkait: