Cesena 1-3 AC Milan (19/2/2012)

Senin, 20 Februari 2012

AC Milan kembali merebut posisi puncak klasemen sementara dari Juventus setelah memetik kemenangan 3-1 di kandang Cesena, dalam lanjutan Seri A, Minggu (19/2/2012).

Sulley Muntari menandai debutnya bersama Rossoneri dengan mencetak gol pembuka laga ini, yang kemudian diikuti Urby Emanuelson dan Robinho. Daniel Pudil membuat gol "hiburan" buat Cesena yang menjadi tuan rumah di Stadio Dino Manuzzi.

Hasil ini membuat Milan telah mengumpulkan 50 poin dari 24 pertandingan, unggul satu angka dari Juventus, yang kemarin menjadi capolista setelah menang 3-1 atas Catania. Namun "Si Nyonya Tua" masih punya sisa satu pertandingan.

Menghadapi si juru kunci Cesena, Milan menurunkan duet penyerang Maxi Lopez dan Robinho. Pelatih Max Allegri juga untuk pertama kalinya memainkan Muntari, yang dipinjam dari Inter Milan pada akhir Januari.

Dan Muntari langsung memberi debut yang impresif. Di menit 29 ia dapat me-rebound bola yang mental dari dada kiper Cesena, Francesco Antonioli saat mencoba menghadang tendangan bebas Thiago Silva. Bola masuk ke gawang, 1-0 Milan memimpin.

Hanya berselang dua menit tim tamu menggandakan keunggulannya. Pemain asal Belanda, Emanuelson, menjebol gawang Antonioli lewat tendangan keras kaki kiri, menuntaskan kerja samanya dengan Robinho.

Peluang nyata Cesena terjadi ketika sundulan Vincenzo Iaquinta memaksa Cristian Abbiati melakukan penyelamatan yang luar biasa, dengan menghalau bola ke luar. Cesena lalu mengubah taktiknya dengan menjadikan Adrian Mutu sebagai trequartista di belakang Iaquinta.

Milan terus menjauh saat babak kedua berjalan 10 menit. Robinho mengubah kedudukan menjadi 3-0, setelah ia lolos dari perangkap offside, lalu memperdaya Antonioli dengan sebuah tembakan menyilang.

Para pemain Milan secara kompak berhamburan ke pinggir lapangan, berbagi selebrasi dengan Gianluca Zambrotta yang hari ini merayakan ulang tahun ke-34.

Cesena memperoleh satu gol melalui pemain barunya, Pudil, di menit 64. Kesalahan Daniele Bonera dalam mengamankan wilayah pertahanan Milan dimanfaatkan Pudil dari ujung kotak penalti. Tendangan kerasnya tak bisa diredam Abbiati.

Tuan rumah mendapat kesempatan besar di menit 82, ketika Iaquinta lolos dari posisi offside untuk menyambut umpan Mutu. Akan tetapi tendangan volinya dimentahkan Abbiati.

Penyerang gaek Milan, Pippo Inzaghi, masuk menggantikan Maxi Lopez di injury time. Dalam waktu cepat it memperoleh sebuah peluang, tapi upaya tidak membuahkan gol. Kemenangan Milan tetap di angka 3-1.

Susunan pemain
Cesena: Antonioli; Rossi, Benalouane, Rodriguez; Comotto, Santana (Martinez 82), Colucci (Guana 71), Parolo, Pudil; Mutu, Iaquinta

Milan: Abbiati; Abate, Bonera, Thiago Silva, Mesbah; Nocerino, Ambrosini (Van Bommel 51), Muntari; Emanuelson; Maxi Lopez (Inzaghi 91), Robinho (El Shaarawy 77)

Berita Terkait: