Jose Mourinho: Sukses Pelatih Juga Ditentukan Bakat Pemain

Selasa, 27 Desember 2011

Jose Mourinho menampik anggapan bahwa kesuksesan dirinya sebagai pelatih hanya ditentukan oleh kejeniusannya sebagai pelatih.

Menurut pelatih Real Madrid itu, pelatih tidak akan memiliki peran apa pun jika tidak memiliki pemain yang mempunya bakat besar dalam bermain sepakbola.

Hal itu diungkapkannya untuk meredakan sebutan dirinya sebagai jenius di sepakbola saat ini, menyusul kesuksesan yang dicatatnya di sejumlah klub papan atas Eropa.

"Saya merasa mereka yang jenius akan bisa membuat perbedaan. Dan jenius di olahraga saya adalah mereka, pemain yang luar biasa, yang bisa memahami organisasi permainan dan bekerja keras," kata Mourinho, Selasa (27/12).

"Jenius dalam menangani tim juga memiliki pengaruhnya sendiri."

"Bagi saya, di sepakbola, yang terpenting adalah bagaimana mengatur tiap personal yang ada, manajemen orang. Sepakbola bagi saya adalah ilmu mengenai manusia, mengenai orang-orang ini."

"Kecerdasan emosional juga penting di level ini di setiap cabang olahraga. Saya berusaha untuk mempersiapkan pemain saya sebaik mungkin, tapi pada akhirnya pemain sendiri yang harus memutuskan segala sesuatunya di momen yang tepat. Mereka bisa membuat perbedaan," tandasnya.

Berita Terkait: