Barcelona 4-0 Rayo Vallecano (30/11/2011)

Rabu, 30 November 2011

Barcelona bangkit dari kekalahan akhir pekan lalu. Menjamu Rayo Vallecano, Rabu (30/11/2011) dinihari WIB, Barca meraih tiga poin usai menang dengan skor 4-0.

Kemenangan ini bak sebuah respons positif yang langsung ditunjukkan setelah kalah 0-1 dari Getafe hari Sabtu silam. Berkat kemenangan ini, Los Cules memperkecil selisih angka dari Real Madrid. Barca kini mengoleksi 31 poin atau tertinggal tiga angka di belakang Madrid.

Sementara itu, bagi Rayo ini adalah kekalahan kedua beruntun setelah sebelumnya ditundukkan Valencia 1-2. Posisi mereka tak beranjak dari urutan 10 dengan koleksi nilai 16.

Pertandingan di Camp Nou baru berjalan dua menit, Barca sudah mendapatkan peluang lewat sepakan Andres Iniesta dari jarak sekitar 30 meter. Sial bagi Iniesta, tendangann masih bisa diselamatkan oleh David Cobeno.

Peluang yang dimiliki Dani Alves di menit 16 juga tak lebih baik. Tendangannya dari sisi kanan masih bisa diblok oleh Cobeno. Namun, Barca terus menekan pertahanan Rayo.

Pada menit 29, umpan Xavi diterima oleh Alexis Sanchez yang berdiri di sebelah kanan pertahanan Rayo. Setelah mengecoh seorang bek tim tamu, ia melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh. Cobeno tak mampu menjangkaunya, dan bola pun masuk ke dalam gawang. 1-0 untuk Barca.

Empat menit sebelum turun minum, Alexis kembali mencatatkan namanya ke dalam daftar pencetak gol. Assist brilian dari Xavi, yang menggunakan tumitnya, disambutnya dengan sebuah sepakan ke arah pojok gawang. Barca unggul 2-0.

Gol David Villa di menit 43, usai memanfaatkan kerjasama antara Gerard Pique dan Alves, menjadikan keunggulan Barca menjadi 3-0. Juara bertahan La Liga ini tampak nyaman memimpin.

Barca tak butuh waktu lama untuk memperlebar keunggulan tak lama selepas babak kedua dimulai. Kali ini giliran Lionel Messi yang menjadi pencetak golnya.

Umpan Alves diakhiri oleh bintang asal Argentina itu dengan sebuah sepakan kaki kiri dari sudut sulit. Bola masuk pojok kiri bawah gawang Rayo.

Rayo sempat mendapatkan peluang di menit 57 lewat Raul Tamudo. Namun, tendangannya dari sisi sebelah kanan masih belum menemui sasaran--melenceng tipis di sebelah gawang Barca.

Sepuluh menit sebelum pertandingan berakhir, Rayo kembali mendapatkan peluang lewat sundulan Michu. Tapi, masih bisa diselamatkan oleh Victor Valdes.

Skor 4-0 untuk keunggulan Barca akhirnya bertahan sampai laga tuntas.

Susunan Pemain
Barcelona: Victor Valdes, Gerard Pique, Javier Mascherano, Eric Abidal, Dani Alves, Xavi Hernandez (Thiago Alcantara 54), Seydou Keita, Andres Iniesta (Cesc Fabregas 55), David Villa, Lionel Messi, Alexis Sanchez (Adriano 71).

Rayo Vallecano: David Cobeno, Jordi Figueras, Javi Arribas, Casado, Mikel Labaka, Javi Fuego (Rafael Garcia 54), Jose Maria Movilla, Pedro Silva, Lass Bangoura (Piti 69), Miguel Perez Cuesta, Michel (Raul Tamudo 45).

Berita Terkait: