Pencarian Google Tentang Apple & Steve Jobs Meningkat 5000 Persen

Selasa, 11 Oktober 2011

Pencarian terkait dengan Apple dan Steve Jobs menyumbang 9 dari 10 keyword dengan peningkatan terbesar dalam pencarian Google selama pekan lalu.

Seperti diketahui, pekan lalu Apple baru saja mengumumkan iPhone 4S. Tak ayal, pencarian Google dengan keyword Apple dan iPhone 4S pun melonjak pesat. Berdasarkan data dari Google Insight, pengenalan iPhone 4S dan berbagai spekulasi yang mengiringinya menjadikan 'iPhone 4S' sebagai istlah pencarian dengan pertumbuhan terbesar selama sepekan terakhir.

Keyword pencarian yang masih berkaitan dengan iPhone 4S seperti Apple, iPhone5, iPhone 5, iPhone dan iPhone 4 juga masuk dalam daftar 10 besar kata yang paling dicari. Sprint, operator yang mendistribusikan iPhone 4S turut mengecap peningkatan pencarian sebesar 70 persen.

Baru saja keramaian publik dimulai saat membicarakan smartphone terbaru Apple tersebut, sehari setelah peluncuran iPhone 4S publik dikejutkan dengan kabar kematian sang pendiri Apple Steve Jobs. Pada 5 Oktober, Jobs meninggal di usia 56 tahun.

Kontan saja, ungkapan duka dan penghormatan terakhir bagi sang legenda IT tersebut membanjiri Twitter, Facebook, YouTube dan sejumlah media lainnya. Bahkan disebutkan bahwa kabar kematian Jobs menimbulkan reaksi online terbesar dalam sejarah.

'Steve Jobs' dan 'Steve Jobs died' mengalami peningkatan pencarian lebih dari 5.000 persen. Ini adalah sebuah level peningkatan yang disebut oleh Google sebagai 'Breakout'. Begitu populernya, kata pencarian yang berhubungan dengan Steve Jobs bahkan sempat diboncengi para pelaku kejahatan cyber untuk menyebar spam dan tautan malware.

Berikut adalah daftar sepuluh keyword yang paling banyak dicari dan mengalami peningkatan selama sepekan terakhir, dilansir oleh Google Insight.

1. iPhone 4S (Breakout*)
2. Steve Jobs (Breakout*)
3. Steve Jobs died (Breakout*)
4. Amanda knox (+750%)
5. Apple (+170%)
6. iPhone5 (+130%)
7. iPhone (+100%)
8. iPhone 5 (+100%)
9. iPhone 4 (+70%)
10. Sprint (+70%)

*Breakout adalah istilah yang dipakai Google untuk mendefinisikan keyword pencarian yang mengalami pertumbuhan lebih dari 5.000 persen.

Berita Terkait: