Arsenal 2-1 Olympiakos (29/9/2011)

Kamis, 29 September 2011

Arsenal meraih kemenangan tipis kala menghadapi Olympiakos. Bermain relatif lebih dominan, dengan memenangi penguasan bola 58:42, Arsenal menang dengan skor 2-1.

The Gunners memulai laga tanpa sejumlah pilar utama seperti Robin van Persie, yang duduk di bangku cadangan, serta Gervinho dan Theo Walcott yang cedera. Skuad arahan Arsene Wenger itu pun melakukan start dengan baik dan langsung unggul melalui Alex Oxlade-Chamberlain dan Andre Santos.

Olympiakos sempat memanfaatkan celah di lini pertahanan Arsenal dan mempertipis kedudukan menjadi 1-2 melalui David Fuster. Skor tersebut bertahan sampai babak pertama usai dan akhirnya laga seolah-olah berakhri di babak pertama itu.

Tak banyak hal terjadi di babak kedua, kecuali Arsenal berhasil mempertahankan keunggulan mereka dan meraih tiga poin. Hasil ini membuat Arsenal bertahan di posisi dua Grup F dengan nilai 4, sementara tetap berada di posisi terbawah dengan nilai 0. Posisi puncak masih dipegang Olympique Marseille, yang pada saat bersamaan mengalahkan Borussia Dortmund 3-0, dengan nilai 6.

Pada laga yang berlangsung di Emirates Stadium, Kamis (29/9/2011) dinihari WIB, Arsenal unggul ketika laga baru berjalan delapan menit.

Umpan Alex Song dari sisi kiri diterima oleh Chamberlain di depan kotak penalti. Kombinasi antara gocekan Chamberlain dan jeleknya cara bertahan bek-bek Olympiakos berujung pada sebuah sepakan kaki kiri si gelandang muda Arsenal. Bola hasil sepakan Chamberlain itu pun masuk ke sebelah kiri gawang Olympiakos.

Olympiakos nyaris menyamakan kedudukan andai Mikel Arteta tidak berada di posisi yang tepat. Sebuah sepakan yang dilepaskan di depan gawang Arsenal berhasil dibloknya tepat di depan garis gawang.

Keunggulan Arsenal digandakan oleh Andre Santos pada menit ke-19. Gol tersebut diawali oleh tusukan Santos sendiri dari sisi kiri. Awalnya, ia berniat memberikan bola kepada Marouane Chamakh, namun bola operannya berhasil dihalau oleh bek Olympiakos.

Bola buangan tersebut akhirnya malah jatuh kembali ke kakinya, dan lewat sebuah sepakan kaki kiri, Santos membuat jala Olympiakos kembali bergetar.

Teringgal dua gol, Olympiakos bereaksi cepat. Lewat sebuah umpan dari sisi kiri, David Fuster melepaskan sundulan dari dalam kotak penalti. Sundulan tersebut tak mampu dihalau Wojciech Szczesny. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Di awal-awal babak kedua, laga berjalan relatif imbang. Olympiakos sempat mendapatkan peluang emas di menit 62 melalui sepakan keras Vasilis Torosidis dari luar kotak penalti. Dari sisi kanan lapangan, Torosidis melepaskan sepakan kaki kiri, bola melengkung ke arah gawang Arsenal, namun akhirnya hanya membentur mistar gawang.

Andrei Arshavin juga mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol di menit 66. Sial baginya, sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis oleh Franco Costanzo. Bola muntah hasil sepakan tersebut gagal dikejar oleh Chamakh.

Meski memasukkan Robin van Persie, yang akhir pekan lalu mencetak dua gol ke gawang Bolton, daya gedor Arsenal tetap sama. Skor pun tak berubah. Laga ini berakhir untuk kemenangan Arsenal dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Arsenal: Szczesny; Sagna, Song, Mertesacker, Santos; Frimpong, Arteta; Arshavin (Gibbs 83), Rosicky, Chamberlain (Ramsey 67), Chamakh (Van Persie 71).

Olympiakos: Costanzo; Mellberg, Ibagaza, Fejsa, Djebbour, Mirallas (Abdoun 75), David Fuster (Pantelic 80), Holebas, Marcano, Orbaiz (Modesto 75), Torossidis.

Berita Terkait: