Tundukkan Udinese 2-1, Arsenal ke Fase Grup

Jumat, 26 Agustus 2011

Arsenal akhirnya memastikan keikutsertaan mereka di fase grup Liga Champions. Dalam lawatan ke Udinese, The Gunners sempat tertinggal sebelum kemudian memetik kemenangan 2-1.

Berlaga di Stadion Friulli, Kamis (25/8/2011) dinihari WIB, Udinese yang kalah 0-1 di laga pertama lebih dulu berhasil unggul. Antonio Di Natale menjebol gawang The Gunners di menit 39.

Namun di babak kedua skuad besutan Arsene Wenger berhasil membalikkan keadaan. Gol-gol dari Robin van Persie dan Theo Walcott membuat mereka menyudahi laga dengan kemenangan 2-1.

Hasil tersebut membuat 'Gudang Peluru' unggul agregat 3-1 dan berhak tampil di babak utama Liga Champions, yang pengundiannya akan dilakukan Kamis (25/8/2011) di Monako. Sementara Udinese harus puas dengan berlaga di Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Berbekal kemenangan 1-0 di kandang sendiri, Arsenal tampil agresif di awal laga. Pada tiga menit awal pertandingan mereka sudah menciptakan dua peluang melalui Gervinho dan Walcott.

Udinese tidak tinggal diam dengan tekanan tersebut karena mereka kemudian punya beberapa kesempatan mencetak gol. Di menit 20 Di Natale melepaskan tendangan jarak jauh yang masih bisa ditepis kiper Szczesny.

Dua menit berselang Di Natale kembali membuat lini belakang Arsenal kocar-kacir, kali ini sepakannya meneruskan umpan dari sisi kiri masih membentur tiang gawang.

Arsenal sendiri sempat punya dua peluang beruntun menjebol gawang tuan rumah. Upaya pertama datang dari Walcott saat memanfaatkan serangan yang dikreasikan Gervinho namun masih bisa diblok Handanovic. Upaya rebound yang dilakukan Van Persie juga gagal karena kiper asal Slovenia itu sigap mengamankan gawangnya.

Publik Friulli akhirnya bergemuruh di menit 39. Umpan lambung dari Giampiero Pinzi berhasil diarahkan ke gawang dengan menggunakan kepala oleh Di Natale. Kiper Wojciech Szczesny hanya bisa terpana melihat si kulit bundar membentur tiang dan memantul ke dalam gawangnya.

Di awal babak kedua Arsenal kembali tampil lebih dominan. Hasilnya adalah gol penyaman yang dicetak di menit 55 oleh Van Persie.

Gol tersebut lahir menyusul tusukan Gervinho di sisi kanan pertahanan Udinese. Masuk ke kotak penalti, sang striker melepaskan umpan tarik ke muka kotak penalti yang langsung disambar Van Persie menjadi gol. Skor 1-1.

Tiga menit kemudian Udinese dihadiahi penalti oleh wasit menyusul pelanggaran yang dilakukan Tomas Vermaelen. Malang buat tuan rumah, sepakan Di Natale yang maju sebagai eksekutor berhasil ditepis dengan gemilang oleh Szczesny.

Upaya Udinese mengejar ketinggalan agregat makin berat setelah gawang mereka kembali bobol di menit 69. Kali ini Walcott yang merobek jala tuan rumah setelah memenangi sprint dan dengan tenang menempatkan bola ke tiang dekat. Arsenal balik unggul 2-1.

Di Natale sempat punya kesempatan menjebol gawang Arsenal jelang laga usai, namun masih bisa diredam Szczesny. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan The Gunners tidak berubah.

Susunan Pemain
Udinese: Handanovic; Ekstrand, Benatia (Pasquale 86), Danilo, Neuton; Isla (Denis 82), Badu, Asamoah, Armero; Pinzi (Fabbrini 63); Di Natale

Arsenal: Szczesny; Sagna, Djourou, Vermaelen, Jenkinson; Frimpong (Rosicky 46), Song, Ramsey; Walcott (Arshavin 90), Gervinho (Traore' 85), Van Persie

Berita Terkait: