China Punya Sistem Operasi Mobile Sendiri

Senin, 25 Juli 2011

Perusahaan asal China yang bergerak di bidang e-Commerce, Alibaba, telah berhasil meluncurkan sistem operasi mobile sendiri akhir pekan lalu. Kehadiran Alibaba di pasar peranti lunak smartphone, membuat perusahaan itu sejajar dengan Apple dan Google.

"Smartphone berbasis OS Alibaba ini akan diluncurkan di Beijing pekan depan," terang juru bicara Alibaba Florence Shih, kepada AFP, yang dilansir Minggu (24/7/2011).

Ditambahkan oleh Shih, ponsel cerdas ini nantinya akan diperkirakan akan dibanderol dengan harga 2 ribu yuan (USD309) dan 3 ribu yuan, tergantung jenis perangkatnya. Namun yang jelas, setiap ponsel akan dibenamkan fitur mapping dan instant messaging.

Penjualan ponsel di China pada kuartal pertama 2011 ini mencapai 19,91 juta atau mengalami kenaikan 4,8 persen dari kuartal sebelumnya. Demikian hasil laporan Analysys Internasional yang berbasis di Beijing.

Sebagai langkah awal, keinginan China memiliki sistem operasi sendiri ini mendapatkan sambutan yang spkeptis melihat prospek Alibaba dalam menghadapi pasar yang crowded yang dikuasai oleh Google Android, iOS, Symbian, OS BlackBerry.

"Ini merupakan tantangan bagi sistem operasi yang kecil untuk bertahan di pasar agar bisa stabil," terang Li Muzhi, analis Mizhuo Securites, asal Hong Kong.

"Jika Alibaba ingin sukses, maka harus menjadi platform terbuka dan mempunyai banyak aplikasi yang tidak hanya berfokus pada keuntungan akan tetapi keuntungan manufaktur," terangnya lagi.

Alibaba sendiri akan menggandeng perusahaan lokal Tianyu Telecommunication Equipment dan sokongan prosesor Nvidia sebagai bagian dari ponsel mereka tersebut.

Berita Terkait: