Barcelona Memberi Penghormatan Untuk Kapten Eric Abidal

Minggu, 29 Mei 2011

Di atas lapangan ban kapten Barcelona melilit di lengan Xavi Hernandez. Pun ada Carles Puyol di jelang akhir laga, Eric Abidal dapat kehormatan besar jadi kapten sesaat untuk menerima trofi dan jadi yang pertama mengangkatnya.

Dikabarkan mengalami cedera ringan, Puyol tak dipasang sebagai starter oleh Josep Guardiola di final Liga Champions. Xavi jadi pengganti untuk memimpin rekan-rekannya di atas lapangan.

Dua menit sebelum berakhirnya laga Puyol masuk ke dalam lapangan menggantikan Daniel Alves. Mengingat sang defender merupakan kapten utama The Catalans, Puyol lah yang 'harusnya' menerima trofi Liga Champions untuk kali pertama setelah Barca memastikan kemenangan dengan skor 3-1.

Skenario tersebut sepertinya tak akan mengalami perubahan karena ban kapten kembali melingkar di lengan Puyol saat skuad Barcelona beranjak naik ke tribun kehormatan untuk menerima tropi dan medali.

Namun Puyol dan pemain Barcelona kemudian memberikan kehormatan besar buat Abidal. Ban kapten diserahkan pada wing back asal Prancis tersebut, dan dia menjadi pemain pertama Barca yang mengangkat tinggi-tinggi trofi tersebut setelah menerimanya dari Michel Platini.

Bukan tanpa alasan kalau Abidal dapat kehormatan besar tersebut. Pesepakbola 31 tahun itu dua bulan lalu harus menjalani operasi pengangkatan tumor pada hatinya. Itu sempat jadi momen yang mengundang simpati bukan hanya pemain namun juga fans Barcelona.

Namun setelah menjalani operasi Abidal ternyata mampu kembali menunjukkan performa terbaiknya.

Kurang dari enam pekan lalu dia kembali ke lapangan untuk memulai latihan bersama El Barca. Abidal sempat bermain di beberapa laga dan mengantar timnya menjuarai La Liga Primera, mantan pemain Monaco, Lille dan Lyon itu bahkan kembali dapat kepercayaan masuk ke timnas Prancis.

Puncaknya tentu terjadi beberapa jam lalu. Dia dipasang sebagai starter dalam laga penting final Liga Champions menghadapi Manchster United. Main sepanjang 90 menit Abidal mengantar Barca menjuarai Liga Champion-nya yang ketiga dalam lima tahun terakhir.

Berita Terkait: