Capello: Inggris Menang Dengan Formasi Baru 4-3-3

Minggu, 27 Maret 2011

Pelatih timnas Inggris Fabio Capello mengaku senang dengan keberhasilan anak asuhnya menaklukkan Wales 2-0 pada lanjutan kualifikasi Euro 2012, Sabtu (26/3/2011) malam tadi. Lebih dari itu, dia juga bahagia karena formasi baru yang diusungnya berjalan dengan sangat baik.

Menghadapi tuan rumah Wales di Stadion Millenium, Capello memang menurunkan formasi yang tidak biasa. Jika biasanya pelatih asal Italia ini terpaku dengan formasi klasik 4-4-2, kali ini Capello melakukan eksperimen dengan mengusung format 4-3-3 dengan Ashley Young, Darrent Bent dan Wayne Rooney di lini depan. Sementara lini tengah menjadi milik trio Frank Lampard, Jack Wilshere dan Scott Parker.

Di luar dugaan, strategi ini berjalan dengan cukup baik. Inggris mampu mendominasi penuh jalannya pertandingan, dan mencetak dua gol dalam kurun waktu singkat, yakni lewat eksekusi penalti Frank Lampard (7’) dan Bent di menit ke-14. Kemenangan ini pun mengantar skuad Tiga Singa (poin 10) menggusur Montenegro (10) dan memimpin sementara grup G, dengan keunggulan selisih gol.

Meski strateginya kali ini berjalan dengan sukses, namun Capello tak lantas mempermanenkan strategi menyerang ini. Mantan allenatore AC Milan, Juventus dan Real Madrid ini menilai strategi yang diterapkannya bergantung pada lawan yang dihadapi timnya.

“Saya tidak tahu apakah di pertandingan selanjutnya saya akan menerapkan formasi sama. Terkadang, semua itu tergantung kepada cara bermain tim lawan,” ungkap Capello selepas laga sebagaimana dikutip Sky Sports, Minggu (27/3/2011).

“Sore ini (malam WIB), saya memutuskan memainkan formasi ini (4-3-3) karena saya telah mempelajari permainan Wales. Saya bisa saja memainkan pola 4-4-2. Tapi sekali lagi, semuanya bergantung pada gaya bermain tim lawan,” sambungnya.

“Formasi ini (4-3-3) berjalan dengan sangat baik karena pemain seperti Ashley Young telah jauh berkembang. Dia bermain sangat baik saat mengahdapi Denmark dan sore ini dia juga bermain luar biasa,” tandas pelatih yang akan mengundurkan diri dari jabatannya usai Euro 2012 mendatang.

“Saya memberikan posisi baru untuk (Wayne) Rooney dan Ashley Young (bermain sebagai striker sayap). Saat kami bertahan, mereka berdua tetap berada di sisi lapangan dan saat kami menyerang, mereka sukses membuat repot barisan belakang Wales,” urainya.

Soal jalannya pertandingan, Capello mengaku senang karena timnya bermain dengan solid dengan tidak memberikan kesempatan para pemain Wales untuk mengembangkan permainan.

“Di 20 menit pertama, kami bermain dengan sangat baik, kami mengalirkan bola dengan sangat cepat, kami juga menciptakan sejumlah peluang dan yang terpenting, kami sukses membuat Wales tidak memiliki peluang,” ujarnya.

“Saya bahagia dengan spirit tim, mereka bekerja sama untuk memenangkan bola. Setiap pemain membantu pemain lainnya, dan ini merupakan suatu hal yang sangat penting buat tim,” tutupnya.

Berita Terkait: