Sir Alex Ferguson Bersiap Merelakan Van der Sar Pensiun

Senin, 29 November 2010

Sir Alex Ferguson menyarankan Edwin van der Sar pensiun saat dia masih berada di puncak performa. Karena itulah Fergie menyatakan siap jika kiper nomor satunya itu memutuskan gantung sepatu di akhir musim.

Van der Sar menginjak usia 40 tahun per 29 Oktober lalu. Meski masih piawai beraksi di bawah mistar gawang, pesepakbola asal Belanda itu sudah tergolong sangat berumur, bahkan untuk seorang kiper.

Wacana pensiun mantan kiper Ajax Amsterdam, Juventus dan Fulham itu sesungguhnya sudah muncul sejak beberapa musim lalu. Meski dia kemudian selalu mau menerima deal baru yang diberikan oleh pihak klub.

Musim ini bisa jadi merupakan musim terakhir Van der Sar menjadi pesepakbola profesional. Demi meninggalkan nama besar yang dimiliki hingga kini, Sir Alex menyarankan anak didiknya itu memasuki masa pensiun dan tak perlu menunggu hingga performanya merosot.

"Saya harus menerima kalau ini akan menjadi musim terakhir Edwin. Itu menyedihkan tapi kesulitan buat kiper saat dia berusia 40 adalah sesuatu yang terjadi pada Peter Shilton. Tiba-tiba, karena faktor umur, performanya jeblok. Dan saya tidak berpikir kalau Edwin menginginkan itu. Dia pemain yang besar dan itu akan menjadi kehilangan besar," sahut Fergie di Skysports.

MU membeli Van der Sar dari Fulham pada tahun 2005 lalu. Meski saat itu performanya dianggap sudah menurun, usai dilepas Juventus, dia ternyata mampu menjaga konsistensinya dan bisa merebut kepercayaan Fergie. Total sudah sembilan gelar dia persembahkan buat "Setan Merah" dalam kurun lima tahun, termasuk di antaranya trofi Liga Champions serta tiga gelar Premier League.

MU sendiri kemarin telah mendapatkan kiper baru menyusul tercapainya kesepakatan dengan Anders Lindegaard. Demi menyiapkan pengganti Van der Sar, beberapa nama lain sudah masuk daftar pelatih asal Skotlandia itu seperti Maarten Stekelenburg, Manuel Neuer dan David De Gea.

"Kami belum melakukan finalisasi terhadap rencana kami terkait dengan pencarian kiper. Edwin punya pengalaman luar biasa dan Anda tak bisa membeli hal tersebut. Jadi ini situasi yang sulit karena dia kiper yang hebat dan akan sulit digantikan," ujar Fergie.

Berita Terkait: