Spanyol Mendapatkan Penghargaan Prince of Asturias 2010

Sabtu, 23 Oktober 2010

Tim nasional Spanyol menerima penghargaan prestisius Prince of Asturias. Agak disayangkan saat penganugerahan award tersebut, La Furia Roja tidak hadir dalam "kekuatan penuh".

Dua puluh tiga pemain yang merupakan anggota timnas yang membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 mendapatkan penghargaan tersebut dalam acara yang berlangsung Jumat (22/10/2010) waktu setempat di Campoamor Teather, Oviedo.

"Pemain yang memenangi Piala Dunia meyakini nilai-nilai yang dikandung dari penghargaan ini, yakni nilai-nilai terhadap sportmanship dan kehormatan. Dengan menjaga nilai-nilai ini, maka mereka berhasil menang. Sebab tanpa melakukan itu, kemenangan tidak bisa diraih," ujar pelatih Vicente del Bosque.

Namun agak disayangkan karena hanya sepuluh pemain La Furia Roja yang mendampingi Del Bosque yang hadir untuk menerima penghargaan tersebut. Demikian diberitakan AFP.

Absennya sejumlah pemain ini menyusul kebijakan pelatih Real Madrid Jose Mourinho dan entrenador Barcelona Josep Guardiola yang 'melarang' pemainnya untuk hadir karena acara ini waktunya terlalu dekat dengan laga La Liga yang harus mereka jalani.

Dalam perkembangan selanjutnya Mou mengizinkan Iker Casillas dan Sergio Ramos, sementara Pep mengizinkan Xavi Hernandez. Bersama mereka hadir pemain seperti Pepe Reina (Liverpool), Fernando Llorente (Athletic Bilbao) dan Juan Mata (Valencia).

"Kita tidak perlu mengecam Mourinho atau Guardiola karena mereka tidak mengizinkan pemain Spanyol yang ada di tim mereka untuk hadir. Saya yakin apa yang mereka lakukan adalah salah satu kerjasama dengan tim nasional," ujar Del Bosque.

Penghargaan Prince of Asturias digelar sejak 1981. Selain olahraga, penghargaan ini juga diberikan kepada mereka yang berprestasi di bidang seni, komunikasi dan kemanusiaan, perusahaan internasional, sastra, ilmu sosial, penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknik, serta pihak yang mendukung misi perdamaian dunia.

Untuk kategori olahraga para penerima penghargaan di waktu-waktu sebelumnya adalah peloncat galah Rusia Yelena Isinbayeva, petenis Rafael Nadal, juara tujuh kali F1 Michael Schumacher, mantan atlet AS Carl Lewis, dan petenis putri Spanyol era 1990-an Martina Navratilova.

Berita Terkait: