Athletic Bilbao 1-3 Barcelona (26/09/2010)

Minggu, 26 September 2010

Barcelona sukses meraih tiga poin dalam lawatannya ke Athletic Bilbao, Minggu (26/09/2010) dinihari WIB. Alzugrana menang 3-1 di laga yang diwarnai dua kartu merah tersebut.

Pertandingan yang diadakan di San Mames itu adalah kedua kalinya secara beruntun Barca bermain tanpa Lionel Messi. Gol-gol kemenangan Barca dihasilkan Seydou Keita, Xavi Hernandez dan Sergio Busquets. Gol penghibur Bilbao diciptakan Igor Gabilondo.

Kedua tim mengakhiri laga dengan sepuluh pemain setelah Fernando Amorebieta dari Bilbao dan David Villa dari Barca diusir keluar lapangan karena menerima kartu merah.

Dengan hasil ini El Barca merangkak ke posisi kedua dengan 12 poin dari lima laganya mengungguli seteru abadinya Real Madrid yang duduk di posisi ketiga. Sementara Bilbao ada di urutan ke-7 dengan tujuh poin.

Barca buka peluang di menit ke-11 saat Keita yang menerima umpan datar Xavi melepaskan sepakan kaki kanan yang masih bisa ditepis Gorka Iraizoz. Dua menit setelah tembakan Villa dari kotak penalti urung jadi gol karena menerpa mistar gawang.

Di menit ke-34 Bilbao harus kehilangan pemainnya yaitu Amorebieta yang mendapatkan kartu merah akibat melanggar Andres Iniesta dengan keras. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Sepuluh menit selepas restart Barca akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah Villa yang melihat Keita berlari ke arah kotak penalti memberi umpan terobosan pada rekannya itu. Dengan sekali sentuhan Keita mengirimkan si kulit bundar ke jala Iraizoz.

Dua menit kemudian Pedro Rodriguez punya peluang menggandakan keunggulan namun sayang tembakannya masih mengarah tepat ke Iraizoz dan mampu dihadang kiper Bilbao itu.

Xavi pada menit ke-74 playmaker Barca itu menambah pundi gol timnya setelah umpan Maxwell diteruskannya jadi gol. Tembakan Xavi dari luar kotak penalti yang sempat membentur salah satu pemain Bilbao tak bisa dihadang Iraizoz.

Tiga menit sebelum laga usai giliran Barca yang berkurang satu pemainnya setelah Villa tertangkap menampar wajah Carlos Gurpegi dan tanpa ampun wasit mengacungkan kartu merah.

Bilbao sempat menghidupkan harapan untuk setidaknya meraih satu poin setelah Gabilondo mencetak gol memanfaatkan bola umpan rekannya di dekat kotak penalti pada menit ke-90. Namun gol Busquets di menit ke-93 memaksimalkan counter attack serta merta menutup laga dengan skor 3-1 untuk tim tamu.

Susunan pemain
Bilbao: Iraizoz; Iraola, San José, Amorebieta, Aurtenetxe; Gurpegi, Javi Martínez, Orbaiz (Aitor Ocio 45'), Gabilondo; Igor Martínez (Oscar 45'), Llorente (Ander Iturraspe 66')

Barca: Valdes; Alves, Puyol, Pique, Adriano (Maxwell 45'); Busquets, Xavi (Bojan 82'), Keita, Iniesta (Thiago 82'); Pedro, Villa.

Berita Terkait: