Mano Menezes Resmi Tangani Timnas Brasil

Minggu, 25 Juli 2010

Berakhir sudah teka-teki siapa pelatih timnas Brasil. Adalah arsitek Corinthians, Mano Menezes yang kini telah resmi diangkat sebagai pelatih baru Selecao menggantikan posisi yang ditinggalkan Carlos Dunga.

Setelah hampir sebulan membiarkan kursi kepelatihannya kosong, timnas Brasil akhirnya menemukan pengganti Dunga yang memutuskan mundur usai Brasil disingkirkan Belanda di perempat final Piala Dunia 2010. Menezes yang selama tiga tahun terakhir membesut Corinthians ditunjuk Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) sebagai arsitek anyar Ricardo Kaka dkk.

Sebelumnya, media massa Brasil memang ramai mengaitkan nama pelatih Fluminense, Muricy Ramalho sebagai calon kuat pelatih baru Brasil. Sayang, hal tersebut urung terealisasi setelah kubu Fluminense menyatakan diri enggan melepas Ramalho. Selain itu, Ramalho sendiri juga menolak untuk melatih juara dunia lima kali itu.

Keputusan CBF menunjuk Menezes memang bukan tanpa alasan. Pelatih 48 tahun ini dinilai memiliki kapasitas mumpuni mengingat trek rekornya yang sangat baik terutama dalam mengangkat derajat tim-tim yang sempat ditukanginya. Diketahui, pada 2005 lalu, Menezes sempat membawa Gremio promosi ke divisi satu Liga Brasil dan kemudian menembus final Copa Libertadores, meski akhirnya harus kalah dari raksasa Argentina, Boca Juniors.

Bersama Corinthians yang dilatihnya sejak 2008, Menezes juga sukses membawa klub tersebut promosi dari divisi dua ke divisi satu di musim perdananya. Tak hanya itu, pada musim tersebut, Menezes mengantar Corinthians tampil sebagai runner-up Piala Brasil pada 2008 dan jadi juara pada musim berikutnya (2009).

Bersama Brasil, Menezes mendapat tugas mengantar Kaka dkk mengukir prestasi pada Copa Amerika 2011 di Argentina. Jika mampu memberikan prestasi, tugas berat selanjutnya menanti yakni mempersiapkan skuad Selecao menuju Piala Dunia 2014 yang akan diadakan di negaranya sendiri, Brasil.

Menyikapi tugas barunya ini, pelatih bernama lengkap Luiz Antonio Venker Menezes ini mengaku siap menerima tantangan yang diberikan CBF. Lebih lanjut, Menezes juga tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada manajemen klub Corinthians.

"Untuk seluruh Brasil, saya mengatakan bahwa saya telah resmi menerima tantangan ini (menukangi Brasil)," ujar Menezes dalam konferensi pers selepas dirinya menandatangani kontrak yang masih dirahasiakan, Sabtu pagi waktu setempat.

"Saya sangat berterima kasih kepada kubu Corinthians atas kerja sama yang telah terjalin selama tiga tahun terakhir," tambahnya seperti dikutip Goal, Sabtu 24/07/2010.

Berita Terkait: