Manchester United 3-1 Celtic (17/07/2010)

Sabtu, 17 Juli 2010

Manchester United mengawali tur musim panasnya dengan positif. Menghadapi klub Skotlandia Glasgow Celtic di Rogers Center, Sabtu 17/07/2010 pagi WIB, pasukan Setan Merah berhasil meraih kemenangan 3-1.

Untuk pertama kalinya, United memamerkan jersey baru mereka dengan sponsor anyar, Aon. Tidak perlu diragukan lagi besarnya popularitas United di benua Amerika. Jumlah penonton yang mengenakan kostum merah kebanggaan Red Devils jauh mengungguli para suporter Celtic dengan kostum hijau-putih.

Sir Alex Ferguson secara mengejutkan mempercayakan Darren Fletcher sebagai kapten, kendati Ryan Giggs juga tampil sebagai starter. Bek anyar Chris Smailling pun melakoni debutnya bersama United di barisan starting XI.

Dominasi permainan Red Devils sudah terlihat sejak awal laga, dengan Gabriel Obertan dan Mame Biram Diouf bergantian mencetak peluang. Kerjasama itu akhirnya membuahkan hasil di menit 33, ketika kombinasi umpan Obertan dan Diouf berhasil dimaksimalkan striker Dimitar Berbatov melalui tendangan first time. Kiper Lukasz Zaluska tidak memiliki kesempatan sama sekali untuk mempertahankan gawangnya.

Peluang terbaik Celtic di babak pertama adalah melalui bek Charlie Mulgrew, dua menit sebelum turun minum. Mulgrew, yang lolos dari penjagaan lini belakang United, berhasil melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras ke arah gawang Edwin van der Sar. Sayang, tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Dua menit memasuki babak kedua, Celtic sebenarnya sempat menyamakan kedudukan melalui striker Yunani, Georgios Samaras, yang masuk menggantikan Scott Brown. Namun, header Samaras akhirnya dianulir wasit karena terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Namun, pada menit 61, Samaras berhasil menuntaskan tugasnya dan membawa The Bhoys menyamakan kedudukan 1-1. Itu setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada Celtic, menyusul pelanggaran Smalling terhadap gelandang Joe Ledley.

Harapan Celtic mengakhiri laga dengan hasil imbang langsung pupus ketika Danny Welbeck mencetak gol kedua United di menit 78. Berbatov melepaskan umpan sempurna kepada Welbeck, yang tanpa pikir panjang, langsung menjebol gawang Zaluska.

Lima menit berselang, United nyaris kembali membobol gawang Celtic melalui Federico Macheda, setelah menerima umpan dari Welbeck. Namun, kali ini, Zaluska melakukan aksi penyelamatan gemilang untuk menjaga gawangnya.

Zaluska tidak mampu mengulang aksinya ketika United memastikan kemenangan 3-1 melalui gelandang muda Tom Cleverley di menit 86.

Susunan pemain:
Manchester United: Van der Sar; Rafael, Smalling, Evans, Fabio; Obertan, Scholes, Fletcher, Giggs; Berbatov, Diouf

Celtic: Zaluska; Wilson, Rogne, O’Dea, Mulgrew; Brown, Crosas, Ledley; Forrest, Fortune, Maloney

Berita Terkait: