Jose Pedroso Yang Mencekik Wasit Diskorsing 27 Pertandingan

Jumat, 23 Juli 2010

Tindakan Jose Pedroso yang mencekik wasit memang sudah keterlaluan. Tidak heran apabila otoritas sepakbola menjatuhkan hukuman skorsing 27 pertandingan buat Pedroso.

Pedroso adalah pemain Paraguay yang membela klub Divisi 2 Liga Chile, Rangers. Saat membela Rangers menghadapi Conception, 17 Juli lalu, Pedroso melakukan tindakan brutal.

Permulaannya adalah ketika Pedroso mendapatkan kartu kuning kedua, yang berarti kartu merah, oleh wasit Marcelo Miranda. Namun sebelum sebelum Miranda mencabut kartu, Pedroso memitingnya dari belakang.

Setelah melepas pitingannya, Pedrosa menjauh. Namun wasit tetap mengacungkan kartu merah, Ia bergolak lagi, berlari mendekat dan tampak akan menyerang si pengadil lapangan hijau. Namun kali itu aksinya dapat dihentikan. Rekan-rekan setimnya mengejar Pedroso dan seorang di antaranya berhasil menerjangnya sampai jatuh sebelum sempat menyentuh wasit.

Sadar kalau sanksi berat akan menerpanya, Pedroso lantas memilih mengundurkan diri dari Rangers dan pulang ke negaranya. Tapi pulang kampung tidak menghalangi badan sepakbola profesional Chile menghukumnya.

Pedrosa dikenai larangan tampil sebanyak 27 kali. Rinciannya, skorsing 20 laga untuk tindakannya mencekik wasit, lima untuk upaya keduanya menyerang sang pengadil dan dua untuk kartu merahnya.

Karena sudah tidak lagi bermain di Chile, hukuman tersebut akan berlaku bila Pedroso kembali bermain di liga negara tersebut. Walau begitu, ada juga kemungkinan skorsing itu berlaku di negara lain.

"Pemain harus patuh pada sanksi itu bila ia bermain di Chile. Bila tidak, Federasi Sepakbola Chile akan mengirim catatan kepada federasi negara manapun di mana ia mungkin bermain," kata juru bicara Federasi, Angel Botto, seperti dikutip ESPN.

Berita Terkait: