Dua Asisten Wasit Tambahan Di Liga Champions 2010/2011

Jumat, 23 Juli 2010

UEFA melanjutkan eksperimen dengan menempatkan dua asisten wasit ekstra yang telah mereka lakukan di Europa League. Dua tahun mendatang, eksperimen juga diterapkan di Liga Champions.

Dilansir SkySports, UEFA telah mendapatkan persetujuan dari FIFA untuk menambahkan dua asisten wasit seperti yang telah mereka lakukan di Europa League musim lalu.

Hal itu diputuskan FIFA setelah Badan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) melakukan evaluasi terhadap penerapan dua asisten wasit tambahan ini beberapa waktu lalu.

Nantinya, dua asisten wasit ekstra ini berperan untuk membantu wasit dan dua asisten lainnya untuk membuat putusan mengenai insiden yang terjadi di dalam kotak penalti.

Kehadiran dua tambahan asisten tersebut akan dilakukan pada dua musim kompetisi Liga Champions, yakni musim 2010/2011 dan 2011/2012. Nantinya, akan dilakukan evaluasi lagi tentang efektivitas dua asisten tambahan tersebut.

FIFA baru-baru ini mendapat desakan untuk menggunakan teknologi untuk membantu wasit dalam pembuatan keputusan. Satu wasit dan dua asisten dipandang tidak cukup untuk membuat keputusan yang presisi.

Di Piala Dunia 2010 lalu, terjadi sejumlah insiden kontroversial seperti gol Argentina ke gawang Meksiko di mana ada pemain yang off-side serta tendangan Frank Lampard ke gawang Jerman yang tidak disahkan meski telah melewati garis gawang.

Berita Terkait: