Game Online Semakin Diperketat Di China

Selasa, 29 Juni 2010

Kementerian Kebudayaan China mengeluarkan aturan baru untuk pengguna game online. Mulai 1 Agustus 2010, semua pemain game berbasis internet harus mendaftar dengan nama asli dan tanda pengenal yang asli sesuai dengan KTP.

Selain itu, perusahaan game online juga harus melakukan sensor secara swadaya untuk menyesuaikan diri dengan peraturan baru tersebut. Semua game impor juga akan disaring berdasarkan aturan-aturan baru pemerintah China.

Seperti dikutip dari Information Week, Selasa 29 Juni 2010, aturan tersebut diberlakukan menyusul peningkatan signifikan jumlah pengguna game pada April lalu. China Internet Network Information Center (CNNIC) melaporkan terdapat 105 juta pengguna game online di negeri China.

Ini merupakan aturan resmi pertama berkaitan dengan industri game online yang makin menarik minat warga China beberapa waktu terakhir. Aturan itu akan berlaku untuk game-game di media sosial, dan juga game multiplayer online baik impor maupun domestik yang sangat populer di China.

Beberapa pengamat menilai peraturan baru ini akan mengakibatkan terjadinya tindak kriminal. Sebagai contoh, seseorang bisa menggunakan identitas orang lain untuk mendaftarkan akun baru.

Namun, MOC sadar akan kendala tersebut dan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi yang terdapat di tiap warung internet, seperti webcam, untuk identifikasi visual.

Berita Terkait: